Foto : Dok. Fellowes

asianet.id – Sudah menjadi nasib seorang karyawan kantoran untuk duduk berjam-jam didepan layar computer demi menyelasaikan kerjaannya. Banyak penelitian yang menyatakan jika duduk berlama-lama dapat mengganggu kesehatan tubuh. Salah satunya yakni dapat merusak struktur tulang dan cedera lainnya.

Melihat fenomena tersebut, para ahli telah menemukan penemuan baru agar dapat mengurangi masalah ini. Dilansir dari Oddity Central, tim peneliti berhasil menciptakan robot Emma. Emma adalah boneka yang dibuat dengan bentuk mata berwarna merah dan kering akibat beberapa jam menatap layar komputer. Punggung Emma didesain membungkuk karena kelebihan berat badan. Seluruh badannya bengkak karena sirkulasi darah yang buruk. Ia juga menderita eksim yang disebabkan oleh stres.

Baca Juga : Mulai Februari 2020, WhatsApp Tidak Dapat Digunakan Pada IOS dan Android Lama

Robot ini dibuat oleh tim peneliti yang dipimpin oleh futuris behavioral, William Higham. William mengatakan jika dunia bisa penuh dengan sosok seperti Emma. Ini adalah salah satu kampanye yang dilakukan oleh William bersama timnya. Diharapkan agar pekerja kantoran mengubah lingkungan dan budaya kantor yang tidak sehat.

William Higham juga menjelaskan, jika lebih baik untuk membuat perubahan radikal pada kehidupan kerja seperti bergerak lebih banyak, mengatasi postur tubuh kita, mengambil istirahat berjalan secara teratur, atau mempertimbangkan memperbaiki peraturan kerja. Lingkungan dan budaya kantor yang buruk dapat membuat kita sangat sakit.

William dan timnya tidak hanya membuat Emma dan masalah yang dideritanya. Mereka juga mensurvei lebih dari 3.000 pekerja kantor di Perancis, Jerman, dan Inggris.

Baca Juga : Kenali 5 Gejala Penyakit yang Dapat Dilihat Dari Kondisi Wajah

Berdasarkan data dari beberapa riset, ada sekitar 50 persen dari pekerja kantor tersebut mengeluh mengalami mata tegang. 49 persen sakit punggung, 48 persen sakit kepala, dan 45 persen leher mengalami mati rasa.

Data inilah yang mendorong William Higham dan timnya menciptakan robot seperti wujud pekerja kantor 20 tahun ke depan jika ruang kerja tetap sama. Laporan Rekan Kerja Masa Depan menunjukkan bahwa pengusaha dan pekerja benar-benar perlu bertindak sekarang dan mengatasi masalah kesehatan di tempat kerja yang buruk.

Laporan Work Colleague of the Future bukanlah studi ilmiah biasa. Laporan itu merupakan tugas dari perabot kantor, Fellowes, yang ‘dicurigai’ tengah mencoba mempromosikan desain kantor untuk mengatasi penyebab gejala yang dialami Emma. Robot Emma telah memberi pandangan kepada para pekerja kantoran tentang apa yang sudah kantor perbuat pada tubuh kita.