guru tinggal di wc

Kisah guru honorer yang yang hidup kekurangan nyatanya masih terjadi di Indonesia. Baru-baru ini, guru honorer di SD Negeri Karyabuana 3 Pandeglang, Nining Suryani kisahnya viral.

Nining Suryani terpaksa tinggal di toilet sekolah SD. Toilet tersebut dijadikan bagian rumah olehnya sejak dua tahun lalu. Ironisnya, Nining juga hanya mendapat upah 350 ribu yang dibayarkan pertiga bulan.

Baca juga: Breaking News! Gubernur Kepri Kena OTT KPK

Nining Suryani tinggal di WC bersama suaminya, Ebi Husaebi. Toilet tersebut ia gunakan untuk dapur dan ada tempat salat. Sekat temboknya dia gunakan untuk tempat tidur serta warung yang menjual aneka camilan bagi anak-anak sekolah.

Nining Suryani mengaku tinggal di WC sekolah karena rumah yang lama di Cigeulis roboh. Karena tidak ada biaya, mereka meminta izin kepada kepala sekolah untuk memanfaatkan toilet sekolah dan bagian sampingnya.

Baca juga: Sedang Apa Mendikbud di Hari Pertama Sekolah?

Mereka mengaku nyaman tinggal di lingkungan sekolah. Dia menyebut tidak membayar listrik karena masuk di lingkungan sekolah. Tempat tinggal yang sekarang memang sedikit direnovasi oleh suaminya.

Namun Bupati Pandeglang Irna Narulita sempat memarahi camat setempat karena dianggapnya tidak memperhatikan kesejahteraan warganya. Bupati perempuan tersebut menjelaskan, untuk rumah guru honorer yang rusak akan segera dibantu oleh pemda dari bantuan iuran sukarela dari pegawai. Karena APBD 2019 sudah berjalan dan terdata nama-nama penerima bantuan rehabilitasi, maka guru honorer itu akan dimasukkan pada usulan APBD 2020.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Panduan Tata Kelola Pengembangan Rumput Laut

Irna juga menegaskan bahwa selama 4 tahun ini ada kurang lebih 5.500 rumah tak layak huni sudah dibangun di Pandeglang.