macan dahan
macan dahan

Sejak hari Minggu (30/6/2019) jagat maya digemparkan dengan viralnya foto beberapa orang sedang menguliti seekor macan di sebuah sungai. Foto tersebut pertama kali beredar di sebuah grup Facebook.

Baca juga: Vanessa Angel Bebas. Langsung Ucap Terima Kasih di Instagram

Foto diunggah pemilik akun bernama Dewi Manjah pada Sabtu (29/6/2019). Dalam posting-annya, Dewi memprotes aksi warga tersebut. “Selapar itu kah kalian sampai tega membunuh hewan langka,” tulis pemilik akun. Ada tiga foto yang diunggah pemilik akun tersebut. Pada foto pertama, terlihat dua orang dewasa ditambah satu anak-anak sedang memegang hewan tersebut.

kuliti macan dahan
Macan dahan yang dikuliti (Foto: Screenshot Facebook)

Macan tersebut teridentifikasi sebagai jenis macan dahan atau Neofelis nebulosa. Kucing besar jenis ini termasuk hewan langka. Macan dahan umumnya berukuran sedang dengan panjang tubuh bisa mencapai 95 cm dan bulu berwarna kelabu kecoklatan.

Di Indonesia, terdapat 2 jenis macan dahan yang tersebar di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Untuk di Sumatera, macan dahan mempunyai nama latin Neofelis diardi diardi. Sedangkan di Kalimantan, macan dahan mempunyai nama latin Neofelis diardi borneensis.

Jenis macan dahan yang tersebar di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan tersebut mempunyai genetik yang berbeda berdasarkan pola perkembangannya.

Baca juga: Gerindra Merapat ke Pemerintahan?

Macan dahan di Indonesia masuk dalam spesies yang dilindungi. Perlindungan macan dahan tertuang dalam peraturan pemerintah nomor 7 tahun 1999 dimana macan dahan masuk dalam satwa yang dilindungi.