Saat ini sudah banyak kita lihat banyak desain dengan berbagai model, namun tetap terlihat mainstream. Berbeda dengan desain-desain mainstream, Apple, Google, dan raksasa teknologi lainnya justru berlomba merangkul tren desain yang berani dan unik.

Maka tak heran jika persaingan dunia desain grafis begitu masif ditahun 2019 ini. Beberapa desain menonjolkan hal yang tak lazim seperti desain pada umumnya selama ini, seperti warna yang lebih jelas, huruf tebal, dan pola futuristik.

Untungnya, disini ada beberapa panduan yang akan membantu kamu tetap di depan kurva.

Berikut adalah tren desain grafis terbesar untuk 2019 yang kami ambil dari beberapa sumber :

1. Penggunaan warna-warna ceria

Jika Anda termasuk yang concern terhadap dunia desain, pasti akan bisa merasakan kalau warna yang dipakai dalam tren desain terasa sedikit lebih berwarna belakangan ini. Percikan kuning elektrik, warna karang yang cerah, dan warna biru terang menggantikan warna-warna pastel yang banyak dipesan di tahun-tahun sebelumnya. Lebih banyak merek dan desainer menambahkan warna-warna cerah ke palet mereka untuk tahun 2019 dan seterusnya.

Perubahan warna ke pilihan palet yang lebih cerah ini dikatakan merupakan kelanjutan dari penolakan minimalis yang hambar pada awal 2010. Selain itu, agar sebuah brand bisa dilirik oleh customer, maka mau tak mau brand harus terus membuat customer memberikan perhatian penuh pada mereka. Itu sebabnya mereka harus mengambil risiko desain yang lebih besar.

2. Point of view ada pada tipografi

Selain kejutan warna yang ceria, tren desain grafis terpopuler pada 2019 ini akan bertumpu pada tipografi yang kuat. Tahun ini pemakaian huruf tebal akan menjadi titik fokus utama dalam banyak grafik. Apalagi jika grafis kamu hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian pembaca. Seperti dengan poster, bagan atau selebaran media sosial.

Setiap poster dengan font yang besar, kuat dan tebal akan lebih menonjol dibandingkan poster lainnya. Selain itu font dengan jenis tersebut akan membantu memproyeksikan pesan produk yang berani dan percaya diri. Semua pesan ini bisa dicapai dengan pemakaian satu huruf tebal, dan tanpa gambar pendukung.

3. Skema Warna Terang Gelap

Kamu mungkin memperhatikan bahwa beberapa perusahaan terbesar menambahkan mode terang dan gelap pada aplikasi mereka. Ya, akhir-akhir ini merek-merek terbesar di dunia teknologi sedang merangkul tren desain dua warna ini. Jadi sangat mudah untuk melihat dunia desain grafis dengan sepenuh hati mengadopsinya tahun ini.

Skema warna ganda akan membuat poster lebih fleksibel. Jika kamu perlu menggantungnya di dinding yang gelap, poster berwarna putih sangat cocok.

4. Penggunaan warna gradien

Gradien adalah salah satu hal favorit para desainer grafis untuk ditambahkan ke proyek desain apa pun demi memberikan sentuhan lebih dalam. Plus, seperti beberapa tren desain grafis lainnya, tren ini terlihat luar biasa pada perangkat seluler. Dengan warna-warna cerah dan pola futuristik, mereka merasa betah dengan beberapa tren desain grafis terpopuker lainnya di tahun 2019. Namun, tahun ini akan menjadi tahun tumbuh bagi pola gradien dan bisa digunakan lebih dari sekedar latar belakang yang sederhana. Sama seperti tren baru, orang akan menemukan cara unik untuk menggunakannya seiring berjalannya waktu.

5. Duotone

Duotone atau warna ganda sejatinya merupakan teknik perpaduan dua warna kontras yang umum dilakukan di media cetak. Kini, kemudahan yang diberikan oleh aplikasi pengolah gambar memungkinkan teknik ini untuk mulai memasuki ranah desain digital. Contoh perusahaan besar yang menggunakan gaya ini adalah Spotify.

Keindahan serta kemudahan pengaplikasiannya dalam berbagai medium membuat gaya duotone turut menghiasi berbagai elemen desain di tahun 2019 ini.