mata sehat

Saat ini frekuensi menatap layar monitor menjadi semakin lama. Entah itu karena tuntutan pekerjaan atau karena sekedar mencari hiburan. Padahal, menatap layar monitor terlalu lama juga menyimpan bahaya, mata terancam tidak sehat.

Oleh karena itu, kesehatan mata harus selalu dijaga dengan mempraktikkan kebiasaan sehat yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Konten YouTube “Terbuka” Kimi Hime di Blokir Kominfo?

Mengurangi waktu di depan layar

Jika tidak memungkinkan untuk tidak bekerja seharian di depan layar, maka ketika selesai bekerja, ada baiknya untuk mengurangi menonton televisi ataupun berselancar di media sosial melalui handphone terlalu lama.

Awas, jaga jarak!

Menjaga jarak antara mata dengan layar adalah keharusan jika ingin mata senantiasa sehat. Berapa jarak ideal untuk menatap layar monitor? Jaraknya adalah satu lengan dari layar komputer. Jarak ini dikenal dengan sebutan high-five test. Jika jarak Anda tidak bisa untuk ‘tos’ dengan layar, itu artinya Anda perlu mengatur ulang jarak duduk Anda.

Baca juga: Marvel Rilis Jadwal Film Phase 4 MCU

Jangan lupa berkedip

Salah satu menyebabkan kesehatan menurun adalah mata kering. Penyebabnya dikarenakan terlalu asyik melihat layar, frekuensi berkedip menjadi turun. Gunakan tetes mata atau artificial tears sekali waktu juga tak ada salahnya.

Terpenting, istirahat!

20-20-20, kita sering mendengar kata tersebut, tapi apa artinya? Ternyata, setiap 20 menit menatap layar monitor, kita wajib memberikan waktu istirahat mata selama 20 menit dengan melihat benda yang berjarak 20 kaki (kurang lebih 6 meter) dari Anda.

Baca juga: Pasang Iklan di Instagram Cristiano Ronaldo, Belasan Miliar