Foto: Instagram @nahrawi_imam

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta maaf atas insiden keributan antarpendukung sepakbola tim nasional Indonesia dan Malaysia.

Imam menyampaikan permohonan maaf itu langsung ke Menteri Sukan dan Belia Malaysia, Syed Saddiq.

“Saya sudah minta maaf atas peristiwa semalam dan semoga tidak terulang lagi,” kata Imam, Jumat, 6 September 2019.

Imam berharap, kejadian semalam dapat menjadi pelajaran berharga pendukung timnas Indonesia.

Dalam unggahan di Instagram itu, Saddiq menerima permintaan maaf Indonesia. Dia berharap ada tindakan yang adil bagi oknum pendukung yang mencoreng sepakbola.

Saddiq memastikan hubungan Malaysia dan Indonesia tetap berjalan baik. “Kita pastikan hubungan Malaysia dan Indonesia tetap sama,” ujar dia.

Menteri Malaysia Bakal Lapor

Sebelumnya dilaporkan Bola.com, Saddiq berencana melaporkan kerusuhan itu ke pemerintah Indonesia.

Tak hanya itu Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) rencananya juga akan menyampaikan insiden ini ke induk organisasi sepak bola dunia (FIFA).

Sang menteri merasakan sendiri insiden yang terjadi karena menteri berusia 26 tahun itu turut mendampingi perjuangan Timnas Malaysia di SUGBK, bersama sekitar 400-an suporter Harimau Malaya yang melakoni away day ke Jakarta.

“Selama beberapa waktu bersama pendukung Harimau Malaya, saya menonton kualifikasi Piala Dunia di Stadion Gelora Bung Karno.

Benda besi, botol, dan suar dilemparkan ke arah kami beberapa kali,” ujar Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, seperti dikutip dari Sinar Harian.

“Ada juga beberapa pendukung Indonesia yang mencoba menyerang pendukung Timnas Malaysia, dan pertandingan seketika dihentikan,” kata dia.