Hal lain yang harus diperhatikan ketika memilih kos adalah kenyamanan, meski begitu mencari kos-kosan yang  nyaman bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu melakukan survei dan riset dari berbagai aspek.

Bagaimanapun juga kamu akan menghabiskan banyak waktu kamu di tempat tersebut. Apabila kamar kos tidak nyaman bisa-bisa bikin bete terus kan? Karenanya, perlu trik khusus untuk mengakali kamar kos agar selalu nyaman untuk ditinggali.

Dikutip dari Hipwee, simak ulasan Tips Sulap Kamar Kos Supaya Jadi Nyaman ala Candra Aditya berikut ini:

Featured Image

Seperti halnya yang diterapkan oleh pemilik akun Twitter @candra_aditya. Lewat utasnya, ia memamerkan kamar kos berukuran 3×4 yang telah disulapnya menjadi ruangan mirip apartemen minimalis yang multifungsi dan artsy.

Tentu saja, renovasi ini dilakukannya demi bisa beristirahat dengan nyaman, juga mendukung aktivitasnya menulis, membuat film, juga menggarap webseries-nya yang kebanyakan sering ia kerjakan dari rumah.

Baca juga: Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas, Apakah Berbahaya?

  1. Begini penampakan kamar kos aslinya sebelum ditata ulang. Ukurannya 3×4 dan berkamar mandi dalam. Nggak terlalu luas, tapi cukup buat menampung barang-barangmu yang tidur sendirian
Embedded video

Setelah beberapa kali pencarian, akhirnya @candra_aditya menjatuhkan pilihannya untuk menyewa kamar kos berukuran 3×4 berkamar mandi dalam ini untuk ditinggali. Di dalamnya sudah tersedia kasur busa single lengkap dengan bantal dan gulingnya, sebuah lemari pakaian, dan meja kecil.Namun setelah direnovasi, nggak ada satu pun barang yang tersedia di kamar kos tersebut yang ia gunakan. Ia lebih memilih untuk memanfaatkan barang-barang dari kos lamanya, sisanya ia beli sendiri dengan mencicil.

2. Sementara kebanyakan orang memilih untuk menempatkan kasurnya lesehan di bawah agar fleksibel, @candra_aditya justru sengaja menambahkan dipan bertingkat yang dipesan khusus

dipan custom

Salah satu tujuan penggunaan dipan bertingkat seperti ini adalah untuk meminimalisasi ruang, sehingga bagian bawah dari dipan tersebut bisa difungsikan untuk keperluan lainnya. Nah, sebelum membuat dipan custom seperti ini, ada baiknya diskusikan dulu mengenai ukuran dipan, bahan yang digunakan serta berapa lama pengerjaannya. Tentu agar bisa disesuaikan dengan bujet yang kamu punya.

Baca juga: Kalori Burger Tinggi? Awas Bikin Gagal Diet

3. Ini adalah ruang kerja yang letaknya persis di bawah dipan dengan meja dan kursi minimalis, asal bisa memuat perlengkapan yang dibutuhkan saat bekerja

ruang kerja

ruang kerja via twitter.com

Kamu bisa memilih warna-warna cerah seperti halnya warna kuning yang diterapkan pada meja kerja. Sedang untuk kursi, @candra_aditya memilih kursi lipat agar mudah dirapikan saat nggak digunakan. Jangan lupa berikan tanaman hias yang diletakkan di pojok meja untuk menambah kesan asri sekaligus terapi yang menenangkan saat kamu tengah kelelahan bekerja. Kalau udah nyaman gini, nggak perlu maksain ke kafe buat kerja pas lagi bokek, kan?

4. Di pojok bawah dipan sisi satunya, @candra_aditya meletakkan rak buku minimalis untuk menyimpan buku-bukunya. Rak bersusun ini juga bisa difungsikan untuk menyimpan stoples camilan, lo!

rak buku

Kalau masih ada space tersisa, tambahkan tanaman hijau yang ditanam di pot yang cukup besar dan diletakkan di samping rak buku. Biar makin segar tampilan kamarmu.

5. Jangan ragu pakai lemari plastik yang dirakit sendiri untuk menyimpan pakaianmu. Sekilas nggak kayak lemari karena @candra_aditya menambahkan semacam cover bergambar agar menarik dilihat

lemari pakaian

6. Rak pakaian tambahan dan laundry bag diletakkan berdekatan dengan lemari pakaian utama. Agar nggak terkesan berantakan, @candra_aditya menghias rak pakaian tambahan dengan menggantungkan kaus bergambar film kesukaan

lemari pakaian

7. Di kamar yang nggak terlalu luas ini, @candra_aditya bisa mengakali space agar juga cukup untuk meletakkan rak buku tinggi dan meja kayu minimalis untuk menyimpan benda koleksinya

rak buku dan meja kayu

8. Nah, lemari pakaian, rak baju, laundry bag, rak-rak tambahan lain, plus TV diletakkan berhadapan dengan dipan dan pojok kerja. @candra_aditya menamainya entertainment side alias pojok hiburan. Seru banget, ya!

entertainment side
rak sepatu dan gantungan baju

Baca juga: Kampus Ini Tawarkan Beasiswa Bagi Youtuber

10. Tak lupa, @candra_aditya menyiapkan kasur angin yang diletakkan di antara meja kerja dan rak buku di bawah dipan khusus untuk leyeh-leyeh dan menonton TV. Jadi kalau malas naik untuk gegoleran, ya gelar kasur angin aja~

kasur angin

11. Pssst, pojokan samping lemari pakaian utama jangan dianggurin aja. Kamu bisa nyicil kulkas mini yang diberi nampan kayu di atasnya untuk menyusun peralatan makanmu

kulkas

12. Daripada dibiarin polosan begitu aja, @candra_aditya memenuhi dinding-dinding kamar mandi dengan poster-poster koleksinya. Jadi berasa lagi di bioskop gitu kan, ya?

kamar mandi

13. Poster-posternya sendiri adalah koleksi pribadi yang dipasang tanpa paku alias ditempel menggunakan scotch tape. Jadi nggak berbekas kan nantinya~

poster

14. Oiya, kira-kira begini lo penampakan yang bakal kamu lihat dari atas dipan. Agak ngeri sih ya. Tapi kalau kamu tipe orang yang tidurnya nggak berantakan, aman lah.

penampakan dipan dari atas

15. Nah, kalau kamu lagi pengen tidur di bawah, pemandangan ala-ala kosmos ini lo yang bakal memanjakan mata. Iya, kamu tinggal pasang lampu-lampu hias di bawah dipan aja!

lampu hias

Itulah tadi ulasan tentang penataan kamar berukuran 3×4 ala @candra_aditya yang diubahnya jadi keren tanpa meninggalkan fungsi utamanya. Memang kalau dilihat sekilas, kamar kreasinya ini tampak penuh lantaran ada poster di mana-mana. Tapi asal kamu bisa menatanya dengan rapi, justru itu jadi keunikan tersendiri, bukan?

Kesimpulannya, punya kamar kos sempit nggak menghalangimu untuk berkreasi dan menciptakan ruangan baru yang ‘serba cukup’ dan artistik sesuai preferensimu. Jadi, sudah kepikiran belum, mau diapakan kamar kosmu?