festival asia afrika 2019 di bandung
Foto : Wali Kota Bandung dan jajaran delegasi dari berbagai negara dalam acara festival asia afrika 2019 di Bandung

Asia Africa Festival (AFF) 2019 yang digelar di Kota Bandung resmi telah dibuka pada hari Sabtu, 29 Juni tah 2019.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial bersama dengan 19 delegasi negara memulai rangkaian awal AFF 2019 melakukan agenda historical walk sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina dengan pelepasan burung merpati.

Dengan berjalan kaki dari Pendopo Kota Bandung ke tempat acara Palestine Walk di sebelah timur rumah dinas wali kota Bandung.

Historical Walk ini akan menjadi agenda pembuka pada puncak perayaan AFF 2019 dalam rangka memperingati Konferensi Asia Afrika disingkat (KAA) yang ke 64.

Sebelumnya, pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Para peserta dikumpulkan dulu dari Pendopo Kota Bandung.

Kemudian para tamu undangan dari beberapa duta besar tersebut beserta delegasi 19 negara sahabat dan beberapa bupati dan wali kota di Indonesia berjalan beriringan menuju area Palestine Walk.

Lokasi Palestine Walk sendiri pun tepat berada di Jalan Alun-Alun Timur, daftar negara kerabat dalam Asia dan Afrika yang telah hadir dalam acara tersebut yaitu, Jepang, Maroko, Tunisia, Sudan, Aljazair, Ethopia, Irak, Palestina, Nigeria, Laos, Afganistan, Kuwait, Mesir Afrika Selatan, dan Myanmar.

Setelah berjalan beriringan sepanjang 30 meter, dilakukanlah pelepasan burung merpati sebagai simbol pengharapan oleh peserta acara solidaritas untuk Palestina.

Menurut komentar Kepala Dinas Kepala Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari. Acara pelepasan burung merpati merupakan simbol dukungan terhadap kebebasan masyarakat Palestina.

“Jadi konsepnya adalah solidaritas untuk Palestina. Tadi kita menunjukkan solidaritas kita pada Palestina dengan spirit Bandung,” kata Dewi.

Baca juga :