Asianet.id – Pidato Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, terkait rencana perdamaian di Timur Tengah mendadak viral di media sosial (medsos) karena kesalahan pengucapan. Trump seharusnya menyebut Masjid Al Aqsa, tapi malah mengatakan Masjid Al Aqua.

Rekaman pidato Trump yang salah ucap itu pun menjadi viral di medsos dan menjadi perbincangan netizen. “Harapan untuk perdamaian dan berdoa untuk Masjid Al Aqua akan dapat dilakukan juga,” kata Trump, dalam video tersebut.

Penjelasan tentang rencana damai Trump itu memicu kecaman dari Palestina tapi menerapkan berbagai syarat yang ketat dan sepakat membiarkan Israel mempertahankan kontrol di pemukiman Tepi Barat yang dianggap ilegal oleh komunitas internasional.

Baca juga: Sayembara Iran Berhadiah Jutaan Dolar Demi Nyawa Donald Trump

Trump mengumumkan rencana damai itu di Gedung Putih bersama Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu berdiri di sampingnya. Ini termasuk Trump menyerukan pembekuan empat tahun oleh Israel untuk aktivitas pemukiman baru.

Meski Trump menyatakan rencana itu bertujuan mengakhiri konflik selama beberapa dekade, rencana itu dianggap lebih menguntungkan Israel. Apalagi tak ada pihak Palestina yang hadir saat Trump mengumumkan rencananya.

Tampaknya perundingan antara Israel dan Palestina sulit kembali digelar meski Trump telah mengumumkan rencananya itu.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menganggap tawaran Trump itu bukanlah “kesepakatan abad ini” tapi sebagai “tamparan abad ini”.

Baca juga: World War 3: Sembilan Roket Hantam Basis AS di Irak, Trump Terus Memantau