Rumah di atas mall? Hadirnya perumahan yang berdiri di atas bangunan lain memang rasanya sedikit unik. Seperti yang baru saja viral belakangan ini. Sebuah area dimana berdiri beberapa rumah di atas mall.

Baca juga: Rumah Selebar 3 Meter di Korea Selatan, Ternyata Tidak Hanya Satu

Cosmo Park, wilayah perumahan yang berdiri di atas Mall Thamrin City, Jakarta Pusat jadi heboh belakangan ini. Perumahan yang sudah berdiri sejak tahun 2006 ini rupanya mendadak viral. Sepertinya banyak orang yang masih kaget melihat bentuk perumahan tapak, tapi di atas mall seperti apartemen.

Rumah di atas Mall ini milik PT Agung Podomoro Land yang sudah berdiri sejak lama

Foto: Perumahan di atas Mall Thamrin City (detikNews)
Foto: Perumahan di atas Mall Thamrin City (detikNews)

“Cosmo Park sudah ada sejak tahun 2005-2006, nah ini memang dibuat tidak di atas tanah,” ujar Assistant Vice President Marketing PT Agung Podomoro Land Zaldy Wihardja dikutip dari detikFinance.

Perumahan ini bisa di tempuh dengan akses melalui Cosmo Terrace di Jl. K.H. Mas Mansyur, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lokasinya tepat berada di lantai 10 dengan mengakses lift. Namun akses bagi warga umum terbatas hanya sampai lantai 9.

Untuk sampai di lokasi perumahan yang terletak di rooftop mall ini, harus menggunakan akses khusus. Pihak pengamanan tidak mengijinkan masuk apabila tidak memiliki akses atau paling tidak ada yang menjemput.

Alasan Berdirinya Kawasan Perumahan di Atas Mall

Berdirinya kawasan perumahan yang unik ini sebenarnya bukan tidak beralasan. Assistant Vice President Marketing PT Agung Podomoro Land Zaldy Wihardja mengonfirmasi, pembangunan ini didasari oleh keterbatasan izin bangunan.

“.. bangun gedung harus sesuai KLB (Koefisien Lantai Bangunan). Nah karena ini sudah terbatas, maka kita tidak bisa bangun ke atas lagi,” ujar Zaldy masih dikutip dari detikNews, Jumat (28/6/2019).

Pihak PT Agung Podomoro Land tetap tidak mau menyia-nyiakan. Ibarat tidak ada rotan akar pun jadi, tanah yang luas di atap bangunan Mall ternyata diijinkan untuk dibangun dengan batasan tertentu. Akhirnya dibuatlah area perumahan.

Hal ini juga didukung dengan adanya permintaan dari pencari hunian yang ingin memiliki rumah tapak. Melihat adanya segmen dimana orang-orang lebih menginginkan rumah tapak dengan segala alasannya dibanding apartemen menjadi sebuah peluang bagi PT Agung Podomoro Land.

Zaldy juga mengatakan adanya segmen di mana orang pengen (memiliki rumah) bukan apartemen gitu karena ada yang takut ketinggian, tidak mau terlalu kecil, maunya yang luas, bisa pelihara anjing, parkir mobil depan rumah.

Alasan PT Agung Podomoro Land membuat rumah di atas Thamrin City ini juga dikarenakan hunian ini bisa dibeli dengan harga murah meskipun terletak di tengah kota.

“… dulu start pas launching hanya sekitas Rp 1,5 miliar,” tambahnya.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Harian Dari Jouska