putusan mk

Mahkamah Konstitusi telah memutuskan hasil dari sengketa Pilpres 2019. Hasilnya, Pasangan 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dikukuhkan memenangi kontestasi Pilpres 2019.

Ketua MK, Anwar Usman saat membuka sidang putusan sengketa Pilpres, berharap jika kegaduhan Pilpres 2019 segera berakhir. Anwar Usman juga menyampaikan bahwa putusan MK tidak mungkin memuaskan semua pihak.

Baca juga: Kenapa Susah Sinyal di Sekitar Gedung MK?

Anwar Usman mengatakan jika MK telah berijtihad, berusaha sedemikian rupa untuk mengambil keputusan sidang pilpres tersebut. Pengambilan keputusan tersebut juga berdasar fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan lalu.

Pihak 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno telah menerima hasil keputusan MK tersebut. Tak lupa, Prabowo Subianto berterima kasih kepada segenap pendukung dan partai koalisi yang mendukungnya bersama Sandiaga Uno pada pilpres 2019.

Prabowo mengajak pendukungnya untuk tetap tenang dan tegar serta mengingatkan untuk tetap damai. Prabowo menyebut keutuhan bangsa dan negara tetap lebih besar.

Baca juga: Meski Dilarang, Aksi “Halalbihalal dan Takbir Akbar” Mengawal Sidang MK Tetap Dilaksanakan

Sementara itu, Jokowi mengajak seluruh bangsa Indonesia kembali bersatu. Tidak ada lagi pendukung 01 dan 02, melainkan persatuan Indonesia.

“Saya yakin semangat kita sama yaitu Indonesia yang bersatu untuk membangun Indonesia yang maju, yang mampu bersanding dengan negara-negara besar lainnya, membangun Indonesia yang menang menghadapi kompetisi global yang ketat, dan membangun situasi yang unggul yang membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Jokowi.