polusi udara

Beberapa pekan terakhir, kondisi polusi udara di beberapa kota besar di Indonesia mencapai taraf mengkhawatirkan. Jakarta dan Surabaya saling susul dengan skor yang sering beda tipis.

Baca juga: Rich Brian Pengen Makanan Indonesia, Gojek Beneran Kirim ke New York

Dengan polusi udara yang mengancam kesehatan, ada baiknya untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Partikel debu dan gas berbahaya sangat berdampak terhadap kesehatan sistem pernapasan secara umum. Yuk, terapkan tips di bawah ini agar kesehatan tetap terjaga.

Hindari kepadatan lalu lintas

Sudah umum diketahui jika salah satu penyumbang utama polusi udara adalah asap kendaraan bermotor. Makin tinggi volume kendaraan yang melintas, tingkat polusi tentu saja berbanding lurus. Apalagi jika jalanan macet, semakin membuat tingkat polusi makin parah.

Gunakan masker yang sesuai

Jika sering menggunakan masker bedah warna hijau, ada baiknya untuk tidak menggunakan masker tersebut. Karena saringan udara pada masker hijau tersebut tidak cukup kecil untuk menyaring partikel debu. Dibandingkan masker hijau, lebih disarankan menggunakan masker N95. Harga memang relatif lebih tinggi, namun lebih efektif menyaring partikel debu.

Baca juga: Jokowi Cabut Izin Perusahaan yang Cemari Danau Toba

Memelihara tumbuhan

Jenis tanaman seperti lidah mertua dan lidah buaya diyakini punya kemampuan efektif untuk memurnikan udara yang tercemar. Bukan berarti melupakan pepohonan yang memang menciptakan lingkungan sejuk dan udara yang bersih.

Memperbaiki pola makan

Polusi udara adalah salah satu penyumbang radikal bebas yang memicu banyak masalah kesehatan. Penangkalnya tidak lain adalah antioksidan, yang bisa didapat dari sayur dan buah-buahan maupun sumber nutrisi lainnya.

Baca juga: Astragraphia Ciptakan Inovasi Baru di Era Industri 4.0