ibu kota pindah

Rencana pemerintah yang akan memindahkan ibu kota RI ke luar Pulau Jawa memasuki babak baru. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan jika Indonesia nantinya akan belajar dari negara-negara yang berhasil memindahkan ibukotanya.

Beberapa negara yang berhasil memindahkan ibukotanya adalah Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Australia, Pakistan, Kazakhstan, dan Nigeria. Lantas Indonesia akan belajar ke mana?

Baca juga: Siap-Siap, Ponsel BM Tidak Bisa Digunakan di Indonesia

Namun Bambang memberi tanda jika Indonesia akan mencontoh Brasil. Pemerintah juga akan mempelajari lebih lanjut mengenai hal positif dan negatif dari pemindahan ibu kota negara.

Saat ini, pemerintah masih memperdalam kajian penetapan lokasi calon ibu kota negara yang baru. Lokasi ibu kota baru mengerucut menjadi dua provinsi saja yaitu, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Presiden bahkan telah berkunjung ke dua provinsi tersebut.

Baca juga: Rumah Di Atas Mall. Beneran Ada?

Pemerintah masih berfokus menyelesaikan kajian penetapan lokasi calon pengganti DKI Jakarta sebagai ibu kota Indonesia. Pemindahan ibu kota Indonesia direncanakan dimuali pada tahun 2024. Rinciannya, proses pemindahan ibu kota negara diputuskan pada tahun 2019, proses perencanaan pada tahun 2020, proses pembangunan pada tahun 2021-2023, dan proses pemindahan pusat pemerintahan pada tahun 2024.

Baca juga: Maruf Amin Siap Melepaskan Sarung Jika Diminta