Seringkali kita menemukan dalam dunia desain grafis ada istilah Gambar Raster/Bitmap dan ada juga gambar Vector. Mungkin banyak yang bingung apa perbedaan antara keduanya? Kapan perlu memakai raster (bitmap) dan kapan memakai vector? Ik berikut penjelasannya

  1. Gambar Vector
Gambar yang terdiri dari gabungan koordinat titik yang membentuk suatu garis atau kurva, yang kemudian disatukan dan membentuk sebuah objek tertentu. Kelebihannya, Gambar yang seperti ini jika di zoom atau diperbesar maka ia tidak akan pecah, dan biasanya sering dipakai untuk gambar-gambar kartun, logo, image tracing, karikatur dan lain-lain. Secara umum vector digunakan untuk gambar yang digunakan pada skala yang berbeda, beda. Contohnya logo, ilustrasi, atau gambar teknik. Logo dapat ditampilkan diatas template surat yang berukuran 3cm x 3cm hingga di baliho yang beberapa meter. Vector akan sangat membantu sehingga ketika logo mau dipakai di ukuran berapapun, kualitasnya tidak akan berkurang. Demikian juga seperti gambar teknik yang dapat di print di kertas A4 hingga A0, di cetak pada skala berapapun, gambar haruslah tetap tajam.
Ada beberapa software yang sering digunakan dalam membuat gambar vector. Diantaranya :
  • Corel Draw
  • Adobe Ilustrator
  • Macromedia Freehand
  • Macromedia Flash

2. Gambar Raster/Bitmap

adalah gambar yang terdiri dari kumpulan pixel warna-warna yang membentuk suatu objek. kelemahan dari gambar ini adalah jika diperbesar maka akan pecah. Raster biasanya digunakan untuk gambar dengan warna yang saling mencampur, bukan merupakan bentuk geometri yang jelas. Raster paling banyak digunakan untuk fotografi, dimana warna satu dengan yang lainnya berpadu untuk membuat suatu gambar yang indah.

Software yang dipakai dalam editting gambar raster diantaranya :

  • Adobe Photoshop
  • Corel Photopaint

Dari kedua tipe gambar tersebut, masing masing ada kelebihan dan kekurangan. Biasanya para desainer grafis (graphic design )sering memadukan antara gambar vektor dan raster, Sehingga dari penggabungan tersebut akan menghasilkan suatu karya grafis yang indah.