kalimantan timur

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sebagai ibu kota baru Indonesia. Dengan berpindahnya ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur, tentu banyak pengembang akan menggarap lahan di daerah tersebut.

Baca juga: Sah! Ibu Kota Baru RI Berada di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara

Pemindahan ibu kota dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan menjadi angin segar bagi beberapa pengembang besar. Kabarnya beberapa pengembang besar sudah memiliki lahan di Kalimantan Timur.

CEO Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, mencatat setidaknya ada beberapa perusahaan properti besar yang memiliki lahan di Kaltim. Namun dia mengaku tidak punya detil terbaru luasanya.

Baca juga: Selain Ibu Kota Baru, Jokowi akan Bangun Kota Metropolitan

“Kalau properti ada Ciputra, Agung Podomoro, Cowell, Wika Realty, PP Properti, Bintang Omega Sakti, dan Lippo. Luasnya nggak ada detailnya,” ujarnya kepada detikFinance, Selasa (27/8/2019).

Kebanyakan pengembang properti besar tersebut memiliki lahan di Balikpapan. Namun pengembang lokal juga mempunyai lahan di sekitaran Kaltim. Jika nantinya ibu kota resmi pindah ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, industri properti di kota besar seperti Balikpapan dan Samarinda akan berkembang.

Baca juga: Alasan Jokowi Pindah Ibu Kota Negara, Nggak Nyangka!