Tau dong kalau kita tidak tinggal sendirian. Ada makhluk-makhluk lain yang berdampingan dengan kita. Dimanapun berada termasuk di rumah. Tapi mereka hanya akan benar-benar ada di tempat dan keadaan tertentu.

Ini dia hal yang bisa membuat rumah berhantu.

Baca juga: Sulap Kamar Kos Kecil Jadi Nyaman ala Candra Aditya!

1. Membiarkannya Kotor dan Lembab

Ruangan kotor dan lembab
Ruangan kotor dan lembab

Rumah yang kotor dan lembab disukai oleh makhluk halus. Hantu suka sekali dengan kondisi sedikit basah, penuh debu dan kotor seperti di atas lemari.

2. Membiarkan Kosong dan Tidak Terawat

Jangan biarkan rumahmu kosong dan tidak terawat dalam jangka waktu yang lama. Hantu akan tertarik dengan rumah yang tidak berpenghuni. Jangan sampai saat kamu tempati rumahmu akan kembali.

Baca juga: Rumah Selebar 3 Meter di Korea Selatan, Ternyata Tidak Hanya Satu

3. Kamar Mandi yang Jarang Dibersihkan

Seperti yang kita tahu ruangan paling lembab di rumah adalah kamar mandi. Hantu paling suka dengan kamar mandi karena faktor ini. Namun, kamar mandi yang jarang dibersihkan akan jauh lebih disukai. Apalagi jika penerangan di kamar mandi minim. Jangan lihat ke atas deh waktu ke kamar mandi malam-malam.

4. Taman dengan Rumput Ilalang Panjang

Ilustrasi rumah dengan rumput dan tanaman tidak terawat (Foto: Liputan6.com)
Ilustrasi rumah dengan rumput dan tanaman tidak terawat (Foto: Liputan6.com)

Sepertinya keterlaluan jika kalian membiarkan rumput ilalang tumbuh panjang di halaman rumah Anda. Kecuali jika memang suasana horor dan menyeramkan sengaja Anda ciptakan. Selain rumput panjang akan membuat hantu berdatangan, kondisi ini juga disukai hewan berbahaya seperti ular, kalajengking dan sejenisnya.

5. Rumah dengan Penerangan Minim

Jangan salah, hantu sebenarnya tidak hanya ada di malam hari. Namun, suasana ruangan gelap dan sedikit aktifitas akan lebih membuat mereka senang mendiami tempat tersebut. Tempatkan penerangan secukupnya di rumah Anda, jangan berlebihan agar bisa tetap berhemat listrik.

6. Loteng Atau Gudang yang Tidak Pernah Disambangi

Tempat yang tidak dijamah aktivitas manusia sangat disukai oleh makhluk lain ini. Mereka yang kabarnya saling beradu energi dengan manusia akan memilih ruangan-ruangan yang kosong agar tidak bersinggungan energi. Hati-hati jika ada ruangan di rumah Anda yang tidak pernah diisi aktivitas manusia. Salah-salah akan menjadi ruang kesukaan ‘mereka’.

Baca juga: Rumah Dekat Sekolah Belum Jadi Pertimbangan Utama

Itu tadi hal-hal yang bisa membuat rumah Anda berhantu. Rawat rumah Anda agar nyama dihuni kalian sendiri, jangan sampai ‘mereka’ ikut-ikutan ada disana. Hiiiii