source : unsplash.com

asianet.id-Belakangan ini warganet digegerkan atas meninggalnya penyanyi sekaligus aktris asal Korea Selatan, Choi Jin-ri atau yang lebih dikenal dengan nama Sulli, Wanita 25 tahun ini ditemukan tewas di rumahnya di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Seoul selatan, Senin kemarin.

Menurut All Kpop sudah rahasia umum bahwa Sulli mengalami masalah sama seperti Jonghyun yaitu cyberbullying atau gangguan kesehatan jiwa karena perilaku bullying di media sosial, inilah yang menjadi salah satu faktor meninggalnya Sulli.

Dilansir oleh situs Kementerian Kesehatan Indonesia, menjaga kesehatan mental atau jiwa sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik, jika tidak akan berakibat fatal hingga mengakibatkan kematian.

Baca Juga : Jangan Nodai Kearifan Suku Baduy!

Bagi kalangan umum media sosial sering digunakan untuk mengunggah foto atau menunjukkan aspirasi seseorang. Selain itu media sosial biasa digunankan sebgai wadah untuk berekspresi dan berkomunikasi. Namun, terlepas dari perkembangan teknologi saat ini, tak jarang media sosial justru dijadikan media untuk membully orang lain.

source : unsplash.com

Menganut pada data yang diperoleh UNICEF pada 2016, sebanyak 41 hingga 50 persen remaja di Indonesia dalam rentang usia 13 sampai 15 tahun pernah mengalami tindakan cyberbullying (2016). Beberapa tindakan di antaranya adalah doxing (mempublikasikan data personal orang lain), cyber stalking (penguntitan di dunia maya yang berujung pada penguntitan di dunia nyata), revenge pom (penyebaran foto atau video dengan tujuan balas dendam yang dibarengi dengan tindakan intimidasi dan pemerasan) dan juga beberapa tindakan cyberbullying lainnya.

Baca Juga : 5 Tips Belanja Kosmetik di “Drugstore” Jepang

Cyberbullying sendiri merupakan perlakuan kasar yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang, menggunakan bantuan alat elektronik yang dilakukan secara berulang dan terus menerus pada seorang target yang kesulitan membela diri. Singkatnya cyberbullying merupakan bentuk kejahatan yang dilakukan seseorang melalui media sosial dengan menggunakan sarana teknologi komunikasi dan media elektronik terhadap orang lain dengan tujuan tertentu.

Selaku Community Engagement Officer Campaign.com, Dinda Wahid mengimbau masyarakat khususnya kaum muda untuk mulai lebih peduli dengan apa yang mereka ingin tunjukkan di media sosial. Tidak diherankan lagi jika cyberbullying menyerang kaum muda dengan keras dan menghubungkannya dengan depresi, penggunaan narkoba dan beberapa kasus tragis, bahkan korban bunuh diri.

Sumber Berita : kumparan.com