libra facebook

Facebook akhirnya resmi mengumumkan mata uang digital miliknya yang diberi nama Libra. Dengan adanya Libra, pengguna Facebook di seluruh dunia nantinya bisa melakukan transaksi finansial.

Bisa mengirimkan uang

Pengguna Libra bisa mengirim uang ke pengguna lainnya. Selain itu, Libra juga digunakan membayar produk atau layanan yang mendukung penggunaan mata uang digital. Libra berbasis jaringan blockchain namun tidak didesain seperti bitcoin yang nilainya sangat fluktuatif.

Baca juga: Kiprah Lionel Messi di Copa America 2019

Libra bertujuan untuk menghubungkan orang-orang yang sebelumnya tak mempunyai akses ke platform perbankan tradisional. Namun bagi Facebook, Libra nantinya akan diproyeksikan sebagai cryptocurrency atau bentuk pembayaran terdesentralisasi yang nilainya stabil.

Baca juga: Negara Penghasil Ikan Terbesar di Dunia, Bagaimana Indonesia?

Libra nanti akan berdiri sendiri, tetapi juga tersedia di platform Facebook dan Whatsapp Messenger. Facebook akan meluncurkan Libra bagi publik pada tahun 2020.

Facebook tak sendirian dalam mengembangkannya. Facebook bersama 27 partner lainnya membentuk Libra Association. Oleh karenanya, Facebook nanti akan melepas Libra ke komunitas yang lebih besar.

Baca juga: Indonesia Berambisi Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Beberapa perusahaan besar yang sudah terdaftar dalam asosiasi ini antara lain adalah Coinbase, Mastercard, Visa, eBay, payPal, Stripe, Spotify, Uber, Lyft, dan Vodafone. Perusahaan ini juga berkontribusi pada Libra Reserve, yang merupakan kumpulan dana untuk memastikan setiap unit di mata uang Libra ini terjamin dengan mata uang fisik, bukan seperti Bitcoin.