Siang ini, ada penumpukan massa di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi. Konsentrasi massa di satu titik tersebut menimbulkan gangguan sinyal telekomunikasi.

Massa telah memadati jalan sekitar gedung Mahkamah Konstitusi sejak Kamis (27/6) pagi. Aksi ini merupakan aksi untuk mengawal sidang putusan sengketa Pilpres di MK.

Baca juga: Catatkan 200 Ribu Mitra, Aplikasi Mitra Tokopedia Luncurkan Fitur Baru

Banyaknya massa yang berkumpul di satu titik tentu saja menyebabkan gangguan jaringan komunikasi. Pemicu penuruan kualitas atau sinyal pada ponsel berkaitan dengan Base Transreceiver Station (BTS).

Karena dengan banyaknya massa yang berkumpul pada satu tempat dan mengakses layanan seluler pada waktu bersamaan, membuat BTS harus melayani permintaan secara simultan sehingga lalu lintas jaringan atau traffic menjadi penuh. Hal itu diungkapkan pengamat TI, Alfons Tanujaya ketika dihubungi oleh tim detikINET, Kamis (27/6).

Baca juga: Apa Itu Earned Media?

Alfons menjelaskan bahwa setiap BTS memiliki kapasitas dan memiliki keterbatsan maksimal pengguna yang terkoneksi. Jika melebihi kapasitas, tentu akan menurunkan kualitas jaringan.

Salah satu cara mengatasi masalah ini, operator akan otomatis membatasi bandwidth per user sehingga semakin banyak customer yang bisa dilayani pada waktu bersamaan.

Baca juga: CEO Bistar: Demi Bistar Jazz Traffic Festival 2019, Fitur Baru Dirilis Lebih Cepat

Untuk mengatasi masalah tersebut dari sisi pengguna , tidak ada cara lain selain harus pindah ke tempat lebih sepi. Dengan demikian, perangkat akan lebih optimal mendeteksi sinyal dari BTS yang ada di sekitar lokasi.