Ngengat yang ditemukan warga Kebuman (Foto: Facebook Gadik63)
Ngengat yang ditemukan warga Kebuman (Foto: Facebook Gadik63)

Beberapa hari lalu ramai dibincangkan fenomena hewan aneh dengan penampakannya yang unik sekaligus menyeramkan. Bahkan tampaknya hewan ini tidak begitu familiar karena semenjak diunggahnya gambar dan video hewan ini banyak orang-orang yang mempertanyakannya.

Baca juga: Sulap Kamar Kos Kecil Jadi Nyaman ala Candra Aditya!

Dilansir dari Daily Mail, hewan aneh ini terlihat berada di atap rumah. Pemilik rumah, Hari Toae merekam hewan aneh yang diduga sedang merayap di pafon rumahnya itu. Hewan ini mungkin adalah serangga, namun rupanya berbeda dengan serangga pada umumnya.

Dari video yang beredar serangga ini terlihat memiliki sayap. Bagian tubuhnya yang mengerikan adalah empat bagian tubuh yang mirip tentakel dan berbulu.

Dalam keterangan yang diberikan oleh Hari Taoe ia mengatakan belum pernah melihat hewan seperti ini sebelumnya. Ia juga menggambarkan hewan di dalam rumahnya itu terlihat seperti alien.

Ngengat Creatonos Gangis

Sebenarnya serangga tersebut merupakan ngengat creatonos gangis jantan yang sedang ingin kawin. Bagian tubuh yang panjang menjulur itu bukanlah tentakel, melainkan coremata.

Setelah ditelusuri lebih lanjut empat bagian yang menjulur mirip tentakel itu berguna untuk menarik lawan jenis. Coremata adalah sebutan bagi bagian yang menjulur itu.

Melansir IDNTimes, Hari Sutrisno, peneliti ngengat LIPI mengatakan coremata berisi zat feromon yang digunakan untuk memikat lawan jenis. Ngengat jenis ini jarang mengeluarkan coremata-nya kecuali saat ingin kawin dan hanya di tempat yang menurutnya aman.

Sebelumnya serangga jenis ini juga pernah membuat heboh warga Indonesia pada tahun 2017 lalu. Ngengat creatonos gangis ini pernah ditemukan oleh warga Kebumen waktu itu. Sama seperti sekarang, fenomena tersebut juga sempat viral bahkan ditonton oleh lebih dari 600 ribu kali.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika melihat hewan ini?
Ngengat creatonotos gangis seukuran buku jari (Foto: Beritagar.id)
Ngengat creatonos gangis seukuran buku jari (Foto: Beritagar.id)

Baca juga: BPOM Perketat Pengawasan Keamanan Obat di Indonesia

Sebenarnya ngengat jenis ini sering kita lihat, tapi terkesan aneh karena jarang yang mengabadikan ketika sedang mengeluarkan coremata. Serangga ini benar-benar baru mengeluarkan coremata ketika ingin kawin dan lingkungannya terjamin aman.

Tidak perlu takut dan berspekulasi macam-macam jika menemukan hewan ini kamu bisa mengusirnya dengan sapu atau membiarkannya begitu saja jika tidak mengganggu.