peru

Peru membuat kejutan pada babak semifinal Copa America 2019. Peru dengan gagah mempencundangi juara bertahan Copa America, Chile. La Blanquirroja menang meyakinkan 3-0 atas Chile.

Bermain di Gremio Arena, Kamis (4/7/2019) pagi WIB, Chile sebenarnya yang lebih diunggulkan daripada Peru. Karena Chile merupakan juara bertahan Copa America dua edisi berturut-turut. Terlebih lagi, Chile menurunkan tim terbaiknya.

Baca juga: Tundukkan Argentina, Brasil Berhasil ke Final

Alexis Sanchez dkk berhasil membuat 19 attempts dengan tujuh on goal dan menguasai 65% ball posesion. Sementara Peru hanya berhasil memberikan sembilan attempts dengan tiga on goal.

Namun Peru bermain lebih efektif dibandingkan skuad asuhan Reinaldo Rueda. Pada menit ke-21, melalui serangan balik, mereka unggul melalui gol Edison Flores. Yoshimar Yotun menggandakan keunggulan Peru pada menit ke-38.

Chile yang berusaha memperkecil skor malah semakin tertinggal oleh sepakan kapten yang juga menjadi striker veteran Peru, Paulo Guerrero pada menit ke-91. Kesempatan memperkecil kedudukan sempat diperoleh oleh Chile. Sayangnya, penalti Eduardo Vargas berhasil ditepis oleh Pedro Gallese.

Baca juga: Indonesia Berambisi Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Skor 3-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Peru berhak melaju ke final melawan tuan rumah, Brasil. Ini merupakan final pertama Peru sejak 1975 dimana mereka menjadi juara saat itu.