burger kalori

Saat kamu mencoba untuk menurunkan berat badan, Kamu mungkin membatasi asupan makanan, termasuk makanan yang menjadi kesukaanmu, seperti burger. Burger merupakan makanan yang lezat, mudah dibuat, dan banyak yang menyukainya.

Baca juga: Resep Garlic Bread, Grilled Sausage dan Tahu Telur Gurih ala Asianet

Namun, kalori dalam satu burger cukup besar lho. Per satu porsi burger daging sapi cepat saji rata-rata mengandung:

  • Kalori: 267 kkal
  • Lemak: 10 gram
  • Protein: 11 gram
  • Karbohidrat: 33 gram

Meski begitu, bukan berarti Kamu tidak bisa makan burger saat diet menurunkan berat badan. Ada kok cara Kamu mengonsumsi burger yang lebih sehat dan aman untuk berat badan. Lalu, bagaimana ya caranya?

Baca juga: Jahe dan Kayu Manis, Ampuh Bikin Anda Buang Gas!

Pilih Daging yang Rendah Lemak

Salah satu sumber kalori yang cukup tinggi di dalam burger ialah dagingnya. Kebanyakan orang mungkin lebih memilih daging berlemak, padahal tanpa disadari hal ini yang membuat kalori dalam burger melonjak. Dikutip dari LiveStrong, tahap pertama untuk membuat burger sehat ialah memilih daging yang rendah lemak dan berukuran kecil.

Gunakan Daging Ayam atau Ikan

Agar burger sehat dan tidak menggagalkan program diet yang sedang Kamu jalani, Kamu bisa mengakalinya dengan memilih jenis daging yang rendah lemak, seperti daging ayam atau ikan. Kedua daging tersebut cenderung punya lemak lebih rendah ketimbang daging sapi.

Baca juga: Negara Penghasil Ikan Terbesar di Dunia, Bagaimana Indonesia?

Namun kalau Kamu memilih daging ayam, singkirkan kulitnya terlebih dahulu karena kandungan lemaknya cukup tinggi. Daging merah, seperti daging sapi atau babi mengandung lebih banyak kolesterol dan lemak jenuh daripada ikan dan ayam. Tidak hanya menyumbangkan kalori lebih banyak, tetapi kolesterol dan lemak jenuh pada daging merah lebih tinggi sehingga risiko untuk mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah pun ikut meningkat.

Jangan Gunakan Saus Berlebihan

Jangan mengoles bumbu terlalu banyak, seperti mayonaise dan saus lainnya di atas roti. Saus-saus itu tinggi lemak jenuh dan natrium sehingga membuat burger makin tidak sehat. Mengonsumsi banyak natrium dapat membuat berat badan melonjak.

Pilih Roti Gandum Utuh

Roti burger merupakan sumber karbohidrat yang dapat berubah menjadi gula di tubuh saat dicerna. Oleh karena itu, pilihlah roti burger dari roti gandum utuh yang mengandung banyak serat. Roti dari gandum utuh akan membuat Kamu kenyang lebih lama karena kandungan serat nya sehingga Kamu bisa makan lebih sedikit sepanjang hari.

Baca juga: Kementan Dorong Pasar Ekspor Produk Pertanian

Tambahkan Banyak Sayur

Cara sehat yang tidak boleh dilewatkan ialah menambahkan banyak sayur dalam tumpukan burger. Masukan selada, tomat, timun, atau jamur, untuk memenuhi isi burger ke dalam tumpukan burger. Sayuran sangat rendah kalorinya dan mengandung berbagai vitamin mineral penting untuk melancarkan metabolisme tubuh, termasuk pembakaran kalori di dalam tubuh.

Selamat mencoba, ladies! Jangan terlalu sering ya!