source : m.klikdokter.com

asianet.id – Kalian pasti sering merasa tak nyaman kan, jika ada orang yang ngupil sembarangan di depan kalian? Atau jangan-jangan kalian sendiri yang suka ngupil ditempat umum? Kotoran dalam hidung yang diakibatkan adanya debu yang menempel pada bulu hidung dan menumpuk adalah hal yang lumrah dialami bagi setiap orang.

Ketika kalian keluar rumah tanpa menggunakan masker pelindung, hidung akan terasa mengganjal dan tak nyaman. Hal itu dikarenakan banyaknya kotoran yang menempel di hidung kalian. Kumpulan kotoran hidung yang sering disebut upil itulah yang menjadi  sumber utama rasa tak nyaman. Jangan berpikiran jorok dulu ya, kalian juga harus tahu bahwa upil pada hidung ternyata mempunyai fungsi penting untuk kesehatan lho!

Baca Juga : 6 Khasiat ‘Manis’ Minum Teh Tawar Setiap Hari

Baik buruknya system kerja pada hidung dapat dilihat dari ada atau tidaknya upil yang menempel pada hidung. Udara yang masuk kedalam hidung sejatinya mengangkut banyak komponen. Selain oksigen, udara yang masuk akan mengangkut debu, alergen, bakteri, polusi, virus, serangga-serangga kecil, dan masih banyak lagi.

Disaat itulah hidung melakukan mekanisme kerjanya. Melalui penyaringan dengan lapisan lendir dan juga bulu halus di sisi dalam hidung yang disebut dengan silia. Benda-benda asing yang masuk kedalam hidung dan menempel pada bagian rongga hidung, yang jika mengering akan menjadi kotoran atau upil hidung.

Dilansir dari Cleveland Clinic, bahwa upil pada rongga hidung yang mengering ataupun terbungkus oleh lendir akan terdorong ke tenggorokan dan tertelan. Jika kalian ketahui, perut memiliki toleransi yang lebih tinggi akan adanya benda asing yang masuk. Berbeda dengan paru-paru yang lebih sensitif jika ada benda asing yang masuk.

Mungkin sebagian besar dari kalian akan merasa tak tahan jika ada sesuatu yang mengganjal di hidung, sehingga mendorong kalian untuk mengeluarkannya dengan jari. Sebelum kalian melakukan hal tersebut, ada baiknya kalian baca pernyataan dari Irvin Sulapas, asisten profesor kedokteran olahraga di Department of Family & Community Medicine, Baylor College of Medicine, Texas. Sulapas menyatakan bahwa mengupil bisa menyebabkan abrasi dan pendarahan pada lubang hidung.

source : honestdocs.id

Baca Juga : Ketombe Bikin Rambut Rontok dan Picu Kebotakan

Dilansir dari The Healthy, Sulapas menjelaskan saat mengupil dengan tangan dalam kondisi kotor dapat menyebabkan infeksi. Setiap orang memiliki bakteri di balik kuku jari dan saat mengupil, sejumlah bakteri bisa masuk dan meningkatkan risiko infeksi.

Kotoran atau upil hidung yang kering lebih berisiko saat diambil dibandingkan upil yang masih terbungkus lender. Ada baiknya untuk menggunakan pelembap udara (air humidifier) sehingga melembapkan hidung dan memudahkan mengeluarkan upil. Selain dengan cara diatas, kalian juga dapat memebersihkan hidung saat mandi dengan kondisi hidung basah dan mudah dibersihkan.

Sumber Berita : cnnindonesia.com