Di masa lalu, cukup jarang ketiga layanan media sosial terbesar di dunia, Facebook, Instagram, Whatsapp tumbang secara bersamaan. Namun, dalam 3 bulan terakhir, ketiga layanan tersebut sering down massal.

Beberapa pihak mencurigai rencana Mark Zuckerberg yang menyebabkan Facebook, Instagram, dan Whatsapp akhir-akhir ini sering tumbang bersamaan. Mark Zuckerberg memang menginginkan integrasi ketiga layanan tersebut.

Baca juga: Facebook, Whatsapp, Instagram Tumbang Lagi

Nantinya, user antara ketiga aplikasi tersebut bisa saling berkirim pesan lintas platform. Namun, pendiri Whatsapp, Brian Acton mengungkapkan rasa pesimismenya.

Rencana tersebut masih tahap awal dengan tujuan selesai akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020. Karena proses integrasi ketiga platform tersebut bukan sesuatu yang mudah dan rentan terhadap bug, oleh karenanya akhir-akhir ini Facebook, Instagram, dan Whatsapp seringkali down bersamaan.

Baca juga: Libra, Mata Uang Digital dari Facebook

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari Facebook, tapi biasanya mereka tidak terlalu terbuka soal penyebabnya. Masalah server sering jadi alasan tumbangnya layanan mereka.