indonesia-arab saudi

Kemunculan berbagai startup bahkan kini ada empat startup berstatus unicorn di Indonesia membuat Arab Saudi takjub. Arab Saudi terkesan dengan cepatnya pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia. Tak sungkan, Arab Saudi akhirnya menggandeng Indonesia dalam sebuah kolaborasi digital demi mewujudkan visi 2030 mereka.

Kesepakatan kolaborasi tersebut diteken oleh Minister of Communication and Information Technology Kerajaan Arab Saudi Abdullah Alswaha dan Menkominfo Rudiantara di Riyadh pada Kamis (4/7/19).

Baca juga: Xiaomi Telah Digunakan Lebih Dari 500 Juta Orang

Perjalanan panjang kesepakatan tersebut dimulai dari kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada Maret 2017. Kemudian Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan balasan ke Arab Saudi.

Dalam seremoni penandatangan nota kesepahaman, Menkominfo Rudiantara turut membawa serta dua startup unicorn kebanggan Indonesia, Tokopedia dan Traveloka. Rudiantara juga berharap ada kesepakatan lebih dari MoU.

Baca juga: Game Terbaru dari Niantic, Harry Potter: Wizard Unite Telah Hadir di Indonesia

Kolaborasi digital ini sebenarnya sudah lama dijajaki oleh kedua negara. Pertama, dimulai dengan pertemuan bilateral tingkat menteri antara Indonesia dengan Arab Saudi di sela-sela G20 Meeting di Dusseldorf, Jerman tahun 2017.

Kemudian pada Juli 2018 pendalaman diskusi tentang digitalisasi telah dilakukan. Pada G20 Ministerial Meeting di Salta Argentina, Menteri Komunikasi dan Informatika dari kedua negara bertemu kembali.

Baca juga: Ini Penyebab Facebook, Instagram, Whatsapp Down?

Pertemuan tersebut kemudian dilanjutkan dengan lokakarya gabungan di Bali pada bulan Oktober 2018 dan Bulan Februari 2019 di Jakarta, yang menghasilkan kesepakatan lebih konkret terkait program Umrah Digital Enterprise dan Pengembangan 1000 Inovasi Digital.