Penampakan Gunung Piramida, Bondowoso (Foto: delapanenam.com)
Penampakan Gunung Piramida, Bondowoso (Foto: delapanenam.com)

Senin (1/7/2019), sebuah video berisi situasi pencarian Thoriq Rizki Maulidan menjadi konten viral. Ia adalah pendaki di Gunung Piramid di Bondowoso yang hilang hampir satu minggu ini. Dalam video tersebut tertulis “Thoriq minta tolong tapi tidak tau dimana” dengan emoji sedih mengakhiri kalimat tersebut.

Sebelumnya diketahui Thoriq melakukan pendakian di Gunung Piraid, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur bersama ketiga orang temannya pada Minggu, (23//6/2019). Kemudian Thoriq dinyatakan menghilang dan sampai saat ini belum ditemukan.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Di tengah proses pencarian tersebut tiba-tiba muncul video viral mengenai Thoriq di beberapa media sosial. Salah satunya terdapat pada akun facebook Ngapako,

Namun, kita tidak bisa percaya begitu saja informasi yang sumbernya tidak valid. Akun facebook Ngapako sendiri merupakan kumpulan shitpost atau akun yang hanya difungsikan untuk bersenang-senang.

Menanggapi video yang tengah menjadi bahan pembicaraan tersebut, Budi Prasetyo selaku Kepala Kantor SAR Surabaya meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan cermat dalam mencerna informasi, apalagi sumbernya tidak jelas.

“Masyarakat harus cerdas dan bisa berpikir rasional atas video tersebut karena sumber video tidak jelas. Masyarakat harus  cerdas dan bisa berpikir rasional atas video tersebut karena sumber tidak jelas,” terang Budi dikutip dari Kompas.com.

Berita Hoaks memang mudah sekali tersebar dan menjadi viral. Dengan bumbu-bumbu kisah misteri, drama, dan  komponen-komponen clickbait lainnya membuat berita seperti ini mudah tersebar.

Baca juga: Sulap Kamar Kos Kecil Jadi Nyaman ala Candra Aditya!

Makin Heboh Makin Suka

Konten viral atau berita yang viral mudah sekali ditemukan belakangan ini. Meskipun tidak semua berita berisi informasi negatif atau hoaks. Biasanya jenis berita seperti ini memiliki formula tertentu. Berikut beberapa racikan yang biasa digunakan sebagai bumbu viralnya sebuah berita:

1. Pemilihan Judul

Screenshot judul-judul berita clickbait (Foto: Artikel jurnal pribadi Deanafahira)
Screenshot judul-judul berita clickbait (Foto: Artikel jurnal pribadi Deanafahira)

Berita di mediaJudul clickbait seringkali memang menyalahi aturan jurnalistik. Penulisan dengan judul clickbait sendiri muncul di dunia media digital dengan tujuan untuk menari pembaca. Tujuan ini tidak lain untuk menambah page view atau jumlah klik yang masuk.

Biasanya judul-judul yang dipilih bombastis dengan penggunaan tanda baca, dan diksi seperti Heboh, Jangan, dan juga penempelan hal-hal yang kontroversial.

2. Drama, Horor, Media Darling dan Public Enemy

Drama selalu berada di top trending YouTube
Drama selalu berada di top trending YouTube (Foto: Trending Youtube (3/7))

Kebanyakan orang akan tertarik membahas hal-hal yang menyentuh perasaan. Itu kenapa berita yang dilingkupi drama selalu menarik. Selain itu adajuga istilah “link pemersatu bangsa”. Istilah ini sangat relevan karena ketika ada satu hal atau satu orang yang sangat dibenci dan satu orang yang sangat disukai akan menarik minat penikmat media.

Baca juga: Kampus Ini Tawarkan Beasiswa Bagi Youtuber

3. Taruh Gambar yang Berpotensi Meningkatkan Share

Gambar yang unik bisa menjadi potensi viral (Foto: Akun @fikranjabbart)
Gambar yang unik bisa menjadi potensi viral (Foto: Akun @fikranjabbart)

Beberapa penelitian mengatakan bahwa otak manusia lebih menyukai gambar dan warna ketimbang teks. Meskipun daya penerimaan manusia satu dengan yang lainnya berbeda, namun hal ini diamini oleh Bobby Hartanto, Mpsi dalam acara konferensi Smart Parents Membantu Orangtua Gali Potensi Anak Pada Golden Periode dikutip dari detik.com.

Itu mengapa sebagian besar orang akan memilih informasi berdasarkan gambar ketimbang teks.