macos catalina

MacOS 10.15 atau Catalina baru saja dirilis. Bagi kamu yang belum tahu, apa saja fitur-fitur baru yang ada dalam rilisan terbaru macOS ini?

  1. Apple Music
    Fitur baru dalam macOS 10.15 adalah Apple Music. Apple Music ini merupakan salah satu “produk pecahan” dari iTunes yang sudah dihentikan pengembangannya.Beberapa fitur andalannya antara ada menu For You yang menampilkan personalisasi lagu. Serta ada menu browse yang memudahkan dalam mencari lagu. Tak lupa ada menu radio guna memudahkan pengguna mendengarkan lagu secara online. Ketika pengguna mencoba mencari lagi di menu library, makan Apple Music akan menampilkan recent search history, recently viewed, dan juga trending search.
  2. Apple TV
    Ada sedikit kabar kurang mengenakkan bagi pengguna di Indonesia. Karena Apple TV hanya bisa mengakses Watch Now, Movies, dan Library saja. Sedangkan TV Shows dan Kids tidak bisa diakses oleh pengguna di Indonesia.
  3. Apple Podcast
    Sesuai namanya, Apple Podcast khusus untuk mencari dan mendengarkan podcast favorit kamu. Kamu bisa mencari podcast berdasar kategori atau cukup hanya melihat Top Chart.
  4. Finder
    Finder di macOS Catalina memungkinkan pengguna untuk menguhubungkan iPhone ke macOS meskipun tanpa iTunes. Meskipun begitu, kamu tetap tidak bisa mengeksplor file-file di iPhone.
  5. Find My
    Aplikasi Find My sejatinya merupakan gabungan dari tiga aplikasi yakni, Find My iPhone, Find My Mac, dan Find My Friends. Di aplikasi ini, kamu dengan mudah menemukan iPhone, Mac, kontak teman kamu.
  6. Notes
    Aplikasi Notes juga mendapatkan update. Update pada gallery view membuat kamu dengan mudah menemukan notes karena ada preview dan tinggal scroll saja.Jika kamu ingin share folder untuk kolaborasi juga sangat dimudahkan. Selain itu, kamu dengan mudah drag n drop checklist untuk mengubah urutan.
  7. Photos
    Perubahan pada aplikasi photos terlihat pada adanya tab Days, Month, dan Years yang menampilkan foto dengan lebih bersih dan rapi karena menyembunyikan clutter foto yang terduplikat. Selain itu, ada fitur edit foto serta video namun fitur tersebut masih beta dan belum selesai dikembangkan.
  8. Safari
    Safari yang merupakan browser bawaan di perangkat Apple, tak lupa mendapat update. Ada start page baru di Safari. Kemudian, setaip kali download dari website yang dikunjungi, akan ada notif apakah ingin mengizinkan download dari situs tersebut atau tidak.

    Tak ketinggalan, ada picture in picture yang dengan mudah diaktifkan lewat Audio tab. Selain itu, jika kamu mendaftar akun dan menggunakan password yang lemah, Safari akan memberikan saran password yang lebih kuat.

  9. Reminders
    Aplikasi Reminders saat ini dirombak besar-besaran. Desainnya baru dan lebih powerfull. Jika sebelumnya aplikasi ini sangat sederhana dan miskin fitur, sekarang Reminders jadi mirip seperti aplikasi task manager.
  10. Screentime
    Di macOS Catalina, kamu kini bisa menemukan aplikasi Screentime. Aplikasi ini awalnya merupakan fitur iOS yang sekarang dibawa ke macOS Catalina.Aplikasi Screentime menungkinkan untuk mengetahui detail report penggunaan Mac, seperti berapa lama penggunaan setiap aplikasi dan masing-masing kategori, jumlah notifikasi, serta statistik pickups juga ada disini.