startup fresh graduate

Sebenarnya, berapa sih gaji yang sesuai bagi fresh graduate? Apakah Rp 8 juta masih kurang? Ternyata, fresh graduate berpotensi mendapat gaji lebih dari Rp 8 juta. Asal…

Baca juga: Kisah Sukses CEO Netflix, Berawal Dari Rental DVD

Bekerja di startup. Tentu saja tidak semua startup bisa memberi gaji karyawannya diatas upah minimum provinsi (UMP). Menurut Yansen Kamto yang juga dikenal sebagai bapak startup Indonesia, bekerja di startup yang telah menyandang predikat unicorn bisa memberi gaji karyawannya di atas UMP atau bahkan di atas angka Rp 8 juta.

Founder dari Kinesys Group itu juga menambahkan, kemampuan seseorang yang akan menjadi penilaian utama bukan lulusan universitas mana. Karena startup unicorn rela mengeluarkan uang banyak untuk karyawan yang penuh talenta demi mempercepat growth startup tersebut.

Baca juga: Lima Fitur Baru #GrabExpress Untuk UMKM

Namun Yansen Kamto menginginkan anak muda terutama yang baru lulus untuk bisa melihat peluang yang lebih besar. Melihat besarnya peluang industri digital dan startup digital di masa depan, menurut Yansen, diperlukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang melek di industri ini.

Ditambahkan oleh Yansen Kamto, anak-anak muda harus melek betapa besarnya potensi startup di Indonesia. Tidak kalah penting menurutnya adalah dampak yang diciptakan dari startup. Inilah peluang besar yang harus ditangkap oleh anak-anak muda.

Baca juga: Facebook Kena Denda Rp 70 Triliun

Mindset-nya harus diubah. Peluang industri ini terlalu besar, jangan sampai ketinggalan. Jangan terkungkung dengan mindset cari kerja, gaji besar, tapi lihat peluang yang impact-nya jauh lebih besar,” tutur Yansen Kamto.