grabexpress

Layanan #GrabExpress, yang saat ini tersedia di 150 kota di Indonesia, mengklaim jumlah pengiriman hariannya meningkat lebih dari 20 kali lipat dalam satu tahun terakhir, di mana lebih dari 50% pengguna GrabExpress merupakan wirausahawan mikro.

Untuk mendorong pertumbuhan wirausahawan mikro di Indonesia, sejak 2018, GrabExpress telah melakukan berbagai pelatihan pemasaran digital dan fotografi untuk lebih dari 1.000 wirausahawan mikro di Jabodetabek, Aceh, Lampung, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, dan kota lainnya.

Selain itu, GrabExpress memberikan modal usaha untuk wirausahawan mikro terpilih melalui program #TambahSuksesDenganGrabExpress dan menghadirkan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan bisnis mereka melalui pelatihan dan berbagi ilmu dengan para pakar.

“Kami berharap GrabExpress dapat membantu meningkatkan pertumbuhan, tidak hanya wirausahawan mikro, tetapi juga mitra pengemudi dan pelanggan. Selain itu, kami berharap dapat menciptakan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan dan peluang bisnis bagi jutaan UMKM di Indonesia sehingga dapat membantu Indonesia memperkuat ekonomi digital di Asia Tenggara,” ujar Ridzki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia.

Baca Juga: Lagi dan Lagi, Grab Kembali Terima Suntikan Modal Baru

Guna makin memudahkan proses logistik, GrabExpress pun memperkenalkan lima fitur yang khusus dirancang untuk UMKM Indonesia. Kelima fitur tersebut di antaranya:

1. Pengiriman Antarkota di Pulau Jawa dengan Ninja Xpress

Fitur ini merupakan kerja sama Grab dengan Ninja Xpress untuk pengiriman barang antarkota, di Pulau Jawa. Pengirim dapat memilih waktu penjemputan dan memantau proses pengiriman barang. Barang yang ingin dikirim pun akan langsung diambil oleh kurir dari lokasi sang pengirim. Fitur ini baru tersedia bagi pengguna di Jabodetabek.

2. Langganan Paket Hemat

Para pengguna GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat (subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

#GrabExpress Merancang Fitur Baru

 

3. Pengiriman Instan dan Same-Day

Armada GrabCar dapat membantu pengiriman barang dengan berat maksimal 150 kg dan GrabBike seberat 15 kg. Pengiriman instan ini menjamin paket pengguna akan tiba dalam waktu kurang dari tiga jam setelah waktu pengambilan.

Khusus di Jakarta, tersedia fitur same-day, di mana pengguna bisa mengirim barang dengan lebih hemat dan sampai di hari yang sama.

4. Bukti Pengiriman dan Pelacakan Langsung

Baca Juga: Gandeng Grab, Bintaro Jaya Luncurkan GrabWheels

Dengan fitur ini pengguna dapat memantau proses pengiriman melalui pelacakan lokasi kurir. Selain itu, pengguna akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil kurir pada saat pengambilan dan penerimaan barang. Grab juga menyediakan asuransi untuk barang yang dikirimkan.

5. Kirim ke Banyak Tujuan dan Banyak Pemesanan Sekaligus

Fitur kirim ke banyak tujuan pada aplikasi GrabExpress dapat membantu proses pengiriman hingga ke lima alamat dalam satu pesanan. Fitur saat ini tersedia di Jakarta, Bandung, Makassar, Medan, dan Surabaya.

Sementara fitur pesan banyak sekaligus mengizinkan pengguna untuk memesan hingga 10 mitra pengemudi dalam waktu yang bersamaan. Dengan kedua fitur ini, pengguna bisa melakukan pengiriman hingga ke 50 alamat berbeda.