Film comedydramathriller Parasite diumumkan menjadi film Korea Selatan terlaris di Indonesia tahun ini. Dengan pencapaian itu, Parasite resmi mengalahkan Extreme Job serta The Battleship Island yang sebelumnya laris manis di Indonesia.

Meski terlaris di Indonesia ternyata prestasi ini tidak bisa didapatkan di negaranya sendiri. Untuk tahun ini memang Parasite menjadi film yang paling laris, namun jika dibandingkan dengan film-film sebelumnya ia hanya berada di posisi 19.

Baca juga: Mencuri Kembang Kantil Milik Pengantin Agar Ringan Jodoh, Mitos atau Fakta ?

Sinopsis Film Parasite

Bercerita tentang sebuah keluarga yang hidup miskin dan tinggal di dalam apartemen bawah tanah yang kumuh dan penuh serangga. Ki-taek (Song Kang-ho) dan keluarganya hidup bersama jauh dari kondisi mencukupi.

Ki-taek, Chung-sook (Chang Hyae-jin), Ki-woo (Choi Woo-shik), dan Ki-jung (Park So-damn) hidup miskin dan menganggur. Mereka rela bekerja apa pun, seperti melipat kardus pizza yang dilakukan bersama.

Berbanding terbalik dengan satu keluarga yang sangat kaya raya, Mr. Park (Lee Sun Kyun) memiliki pekerjaan yang mapan, rumah besar diatas bukit dan istri cantik dengan dua orang anak.

Cerita bermula dari sahabat Ki-woo (Park Seo Joon) yang menawarkan pekerjaan untuk menggantikannya menjadi guru les bahasa inggris untuk murid yang akan ditinggalkannya karena harus kuliah di luar negeri.

Ki Woo pun dengan semangat, penuh harapan, serta percaya diri mengikuti wawancara ke rumah Mr. Park, walaupun dengan latar pendidikan palsu.

Akhirnya di rumah keuarga kaya itu mereka bertemu dengan ibu muda yang cantik dan pengurus rumah tangganya. Pertemuan inilah yang akhirnya menjadi awal mula terjadinya serentetan cerita yang tidak terduga dan menegangkan, lucu, sekaligus menyedihkan.

Cuplikan film Parasite (Foto: Akun Youtube Madman Films)
Cuplikan film Parasite (Foto: Akun Youtube Madman Films)

Ironis Tapi Nyata

Film yang sukses di banyak negara ini menjadi film yang menggambarkan realita sesungguhnya. Ironis tapi nyata, lucu tanpa hadirnya badut, seram dan menegangkan tanpa adanya penjahat.

Gambaran jelas tentang jurang pemisah antara si kaya dan si miskin, pertengkaran keluarga semua dibalut dengan gambar dan jalan cerita yang menarik.

Baca juga: Timnas Sepakbola Wanita China Dapat Kucuran Dana Jack Ma

Parasite telah menjadi film korea terlaris tidak hanya di Indonesia. Film yang sudah tayang sejak akhir Juni lalu ini bisa disaksikan di CGV dan Cinemaxxx namun sepertinya masa tayangnya sudah habis di Indonesia.