Foto: Poster Gundala
Foto: Poster Gundala

Era pahlawan super di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak tahun 80-an. Salah satunya adalah Gundala Putra Petir. Selamat datang! Kini superhero Indonesia hidup lagi dengan versi terbaru.

Superhero dalam komik karangan Hasmi (Harya Suraminata) pada tahun 1981 pernah difilmkan. Meski mungkin pada tahun itu belum ada efek yang fantastis namun sudah membuat penggemarnya berkesan.

Baca juga: Artis yang Bergabung dalam Jagat Sinema BumiLangit

Kemudian era pahlawan super dilanjutkan pada tahun 90-an. Simak saja serial TV saat itu yang menayangkan Panji Manusia Milenium, Sara 008, Si Buta dari Goa Hantu, hingga Wiro Sableng.

Sayang sekali memasuki era 2000-an sepertinya pahlawan super Indonesia kalah gaung dengan buatan luar. Hal ini juga didukung oleh habisnya serial TV yang mengangkat superhero lokal.

Kabar baik per tahun lalu datang. Superhero dalam negeri mulai ramai lagi. Dibuka oleh kehadiran Wiro Sableng, tahun ini makin gencar lagi dengan lahirnya Jagat Sinema BumiLangit.

Gerak Jagat Sinema BumiLangit mengembalikan superhero Indonesia sepertinya tidak main-main. Setelah sang sutradara Joko Anwar mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan super yang tergabung dalam BumiLangit Cinematic Universe. Film perdana mereka, Gundala tidak keluar begitu saja.

Baca juga: Daftar Pahlawan Patriot Jagat Sinema Bumilangit, Avengers dengan Kearifan Lokal

Di hari penayangan perdana Gundala, Kamis (29/8/2019) BumiLangit meluncurkan komik dengan versi yang berbeda dengan komik klasiknya.

Melansir Hai Online, Ardian Sjaf, salah satu komikus yang membuat komik tersebut mengatakan,
“Komik ini bukan untuk menandingi karya Hasmi yang legend tapi mengantarkan generasi muda untuk menarik mereka ke komik klasiknya.”

Komik ini merupakan karya bersama pencilers Oyasujiwo, colorist Doni Chayono dan Ecky sebagai inker. Nantinya komik rilisan Elex Media Komputindo, Gramedia ini mulai bisa didapatkan mulai 1 September 2019.

Sambil menunggu komiknya, langsung saja ditonton film Gundala di bioskop-bioskop kesayangan.

Baca juga: Spider-Man “Keluar” dari Marvel Cinematic Universe