faceapp

Beberapa hari ini, jagat media sosial memang dipenuhi foto-foto penggunanya yang tampak lebih tua. Hal itu disebabkan viralnya aplikasi pengolah foto FaceApp.

Baca juga: FaceApp Viral, Tapi Amankah Aplikasinya?

FaceApp sebelumnya pernah viral sekitar dua tahun yang lalu, tapi versi terbaru ini memiliki algoritma dengan efek tua atau muda yang sudah lebih sempurna daripada saat viral sebelumnya.

Buatan Rusia

Bagi yang belum tahu, FaceApp merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang asal Rusia. Pengembangnya adalah Rusia Wireless Lab. Aplikasi ini bekerja menggunakan jaringan neural untuk mengubah wajah yang ada di foto dengan hasil yang cukup realistis.

Tidak Hanya Menjadi Tua

FaceApp tidak hanya digunakan untuk mengedit wajah menjadi lebih tua. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat wajah di foto menjadi tersenyum, terlihat lebih muda, mencoba gaya rambut baru, bahkan mengubah gender yang ada di foto.

Baca juga: Bos PayPal: Google Berpaling ke China

Viral

FaceApp pertama kali diluncurkan untuk iOS pada Januari 2017, dan untuk Android pada Februari 2017. Walau baru seumur jagung, aplikasi ini sangat populer. Di Google Play Store, aplikasi ini tercatat telah diunduh lebih dari 100 juta kali, bahkan masuk dalam jajaran aplikasi terbaik di App Store serta Play Store pada 2017 lalu serta memperoleh badge Editor’s Choice dari Google.

Muncul #FaceAppChallenge

Viralnya FaceApp diikuti dengan viralnya hashtag #FaceAppChallenge dan #AgeChallenge. Hashtag ini bebeberapa meramaikan Twitter dan Instagram, berisikan pengguna yang berlomba mengirimkan foto tua/muda bergambarkan dirinya atau sosok-sosok kondang lain.

Resiko Terhadap Privasi Pengguna

Banyak pihak yang mempertanyakan kebijakan privasi yang diterapkan aplikasi ini. Aplikasi ini bisa mengakses foto, informasi lokasi, penggunaan data serta history browsing.

Apalagi, foto yang ingin diedit harus diunggah terlebih dahulu ke server Fagar bisa diberikan filter. Jika aplikasi ini sudah diunduh hingga ratusan juta kali, bisa dibayangkan berapa banyak foto pengguna yang disimpan di server FaceApp?

Baca juga: Tarif Ojek Online Bakal Berlaku di 20 Kota

Tapi, kekhawatiran itu rupanya sampai ke telinga CEO FaceApp, Yaroslav Goncharov. Ia menegaskan bahwa FaceApp melakukan sebagian besar pemrosesan di cloud, terutama di Amazon Web Services dan Google Cloud. Ia menyatakan foto-foto dari pengguna akan dihapus setelah 48 jam dari waktu upload.