raja bisnis

Bagi penggemar olahraga basket, pasti nama Shaquille O’Neal sudah tidak asing lagi. Sebelum pensiun, ia merupakan mantan pemain basket NBA yang paling dominan. Lama bergelut di bidang basket, akhirnya pria kelahiran 1972 ini pun sampai pada masa pensiun.

Sejak pensiun dari jagat basket yang membesarkan namanya, Shaquille O’Neal beralih ke dunia bisnis dan namanya pun tetap berkibar.

raja basket

Bukan hanya memiliki 17 kedai Auntie Annie, restoran Big Chicken di Las Vegas serta toko donat Krispy Kreme saja, mantan pemain hits LA Lakers ini juga merupakan seorang investor.

Baca Juga: Sekolah Miliarder Cetak Wirausaha Muda di Tanah Air

Ia diketahui sebagai salah satu investor awal di Google. Selain Google, Shaq begitu ia biasa disapa juga menggelontorkan hartanya untuk investasi di Apple.

Dalam dunia bisnis, ternyata Shaq memiliki tokoh inspirasi, yakni orang terkaya di dunia, Jeff Bezos. Ia selalu memegang perkataan Bezos, “Aku mendengar suatu ketika bahwa dia melakukan investasi berdasarkan apakah hal itu akan mengubah kehidupan orang-orang,” sebutnya.

Baca Juga: Timnas Sepakbola Wanita China Dapat Kucuran Dana Jack Ma

Shaq meyakini, sekali mengikuti strategi itu, hartanya meningkat empat kali lipat. Perkataan Bezos tersebut juga membantu memutuskan kesempatan mana yang harus diterima atau ditolak.

Shaq mengaku uang bukanlah fokusnya. “Kapan pun aku melakukan bisnis, itu bukan tentang uang,” tandas pria yang pernah membintangi film Space Jam ini.

Ia juga lebih memilih perusahaan yang ia senangi. Dari semua investasinya, Shaq paling suka dengan Krispy Kreme. “Karena aku suka dengan donat,” pungkas Shaq.