sholat dhuha

Sehabis shalat Dhuha, biasakan sedini mungkin untuk membaca zikir

رباغفرلناوتبعليناانكانتالتوابالغفور

robbighfirlanaa watub‘ alainaa innaka Antattawwaabul ghofuur, sebanyak 100 kali.

Zikir tersebut sangat luas sekali maknanya jika dilaksanakan setelah sholat Dhuha, kurang lebih seperti ini:

“Wahai Tuhan kami, penjaga kami, pemenuh segala kebutuhan serta hajat kami, pemelihara kami, pelindung kami, pengajar kami, dengan segala cara-caramu, penjaga kami, penolong kami.

Baca juga : 4 Amalan Ringan Ini Pahalanya Terus Mengalir Sampai Kiamat

Mohon engkau berikan pintu pertaubatan buat kami, mohon engkau berikan kekuatan buat kami, untuk berhenti dari seluruh dosa serta maksiat.

Mohon engkau bimbing kami serta ajarkan kami buat bertaubat, mohon engkau mudahkan kami buat membetulkan diri kami, mohon engkau tutup seluruh kesalahan kami, serta dosa-dosa kami, yang membuat kami jauh darimu.

Mohon engkau bersihkan jua kami dari seluruh keburukan serta menukarnya dengan kebaikan-kebaikan supaya kami bisa melaksanakan kebaikan.

Tukar seluruh keadaan kami jua dengan seluruh keadaan yang membuat kami dekat denganmu, cinta denganmu, khawatir denganmu, sayang denganmu, kepedulian denganmu.

Baca juga : Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Apabila kami jadi susah dunia akhirat kami sebab segala kesulitan yang kami buat sendiri, buat kami mampu menghentikan, mengganti, serta memprbaikinya.

Ya Rabb… Sebetulnya engkau At Tawwab, tuhan yang maha menghentikan seluruh perbuatan buruk kami, seluruh dosa kami, seluruh kejahatan serta kelalaian kami.

Engkau At Tawwab, yang maha menerima taubat kami, serta yang dapat mengakibatkan kami bisa, sanggup, serta berkehendak untuk bertaubat, jua mempermudah jalannya.

Engkau At Tawwab, tuhan yang maha menerima kami dengan seluruh dosa serta kekurangan kami, lalu mengampuni dan membersihkan kami dengan seluruh pengertian doa ini, yang seluruh rahasia doa cuma engkau yang ketahui, jua segala rahasia nama At Tawwab mu.

Engkau pula Al Ghofur, yang maha mengampuni seluas-luasnya, sebanyak-banyaknya, dosa keburukan dan maksiat hamba-hambamu

Engkau Al Ghofur, yang bilamana sebagian dosa keburukan dan maksiat hamba-hambamu telah berwujud keburukan, kesusahan, kesulitan, buat hamba-hambamu, hingga engkau jua yang mampu mengubahnya, menggantinya, kepada kondisi baik menurutmu, dengan cara-caramu, sebab engkau Al Ghofur.

Begitu luas ampunanmu, tidak terdapat batasnya, tidak terdapat tepiannya, yang dengan indah engkau sandingkan dengan At Tawwab.

Di doa sehabis dhuha ini, seolah engkau ketahui, dan nyatanya engkau ketahui jika sebab ampunanmu luas seluas-luasnya, besar sebesar-besarnya, banyak sebanyak-banyaknya, sehingga dapat jadi hamba-hambamu terdapat yang terus menerus melaksanakan dosa-dosa, keburukan-keburukan, kesalahan-kesalahan, maksiat-maksiat yang baru

Sementara itu engkau telah mengampuni, sementara itu engkau telah menutupi, sementara itu engkau telah memaafkan karena engkau Al Ghofur.

Karna itu engkau lengkapi doa ini, melalui Rasulmu, bukan cuma Al-Ghofur. Namun jua At Tawwab. Engkau sanggup sesuatu disaat membuat orang dapat berhenti:

Selamanya tidak mengulangi lagi. Engkau jua bukan hanya At Tawwab, Tetapi jua Al Ghofur. Serasi, pas, dengan segala makna yang hanya engkau yang mengetahuinya.

Kawan- kawan, inilah sebagian dari penafsiran, makna, filosofi, hikmah, dari doa sehabis shalat dhuha. Sebetulnya arti, makna, serta penafsiran yang lain, dari tiap potongannya lebih dari itu.

Lebih luasnya, sangat luas. Doa sehabis shalat dhuha ini tidak hanya berbahasa Arab, bahasa teragung, dia juga doa langsung dari Rasul.

Dhamir dalam doa tersebut aku ubah menjadi nahnu, jadi “kami” dengan maksud agar saat kita semua berdoa dengan doa ini seratus kali, tercakup pula doa buat sekeliling kita:

Indonesia, dunia, semesta, dengan seluruh isinya dari yang sangat dahulu, hingga yang paling akhir.

Sangat lebih indah, lebih luas, lebih dalam lagi maknanya. Mudah-mudahan istiqamah melaksanakan doa amalan ini, setelah tau sedikit maknanya.

Selamat melaksanakan ya.

Source : yusuf mansur