terminal bus

Pemerintah melalui Kemenhub (Kementerian Perhubungan) berencana untuk melakukan revitalisasi terminal bus agar transportasi darat tersebut kembali menjadi idaman masyarakat. Banyak terminal penumpang tipe A yang menaikkan dan menurunkan penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi statusnya banyak yang terbengkalai.

Baca juga: Presiden Jokowi Tegur Dua Pembantunya

Selain melakukan perbaikan fisik terminal, Kemenhub akan menerapkan beberapa regulasi yang lebih tegas. Salah satunya mengatur penertiban agen-agen bus yang berada di luar terminal. Menurut Kemenhub, agen di luar terminal membuat aktivitas di dalam menjadi berkurang.

Rencana awalnya adalah memindahkan transaksi pembelian tiket dari uang fisik ke bentuk digital. Dengan bertansaksi menggunakan e-money, masyarakat akan semakin dimudahkan. Inovasi tersebut tentu akan memakan korban. Apalagi bagi agen yang tak mampu menyediakan fasilitas tersebut.

Baca juga: Investasi di Gojek, Mitsubishi Gagas Layanan Baru

Ditjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi berharap renovasi terminal Tipe A ini dapat juga menumbuhkan perekonomian sekitar. Supaya ekosistemnya tercipta, fasilitas terminal perlu ditingkatkan sehingga banyak masyarakat yang datang ke terminal.