Asianet.id – YouTube selalu merilis rangkuman tren, budaya pop, artis, kreator, dan video terpopuler setiap tahunnya. Konten-konten tersebut kemudian dikumpulkan serta dibuat dalam bentuk video kompilasi kreatif yang dinamakan YouTube Rewind.

Segala hal yang berkesan sepanjang tahun 2019 mulai dari video, sosok seseorang, musik, hingga momen-momen tertentu dapat masuk ke dalam YouTube Rewind 2019.

Namun, video mash-up rewind tahun ini cukup berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya lantaran lebih banyak berfokus pada editing ketimbang penampilan para kreator.

Dalam YouTube Rewind 2019 yang diunggah pada Jumat, 6 Desember 2019 waktu setempat, video tersebut menampilkan deretan video yang paling banyak ditonton dan disukai dari berbagai kategori, antara lain Most Liked Videos, Most Liked Music Videos, Most Liked Dance Videos, Most Viewed Video Games, Most Liked Beauty Videos, dan Most Viewed Creators.

Selain itu, ada pula jajaran kreator viral, yang sudah bisa mengumpulkan jumlah subscribers hingga jutaan dalam kurun waktu setahun.

Dan terakhir adalah Record Breaking 2019, menampilkan sederet kreator dengan pencapaian luar biasa, termasuk meraih jumlah subscribers terbanyak di masing-masing negara dan benua.

Baca Juga : Prank Order Fiktif Ojol Oleh Youtuber Dinilai Jahat & Tak Manusiawi

Tahun ini, virus Hallyu Wave atau Kpop sangat merajalela di seluruh dunia. Hal tersebut terbukti dari popularitas sejumlah boy band dan girl band yang sangat mengesankan. YouTube Rewind 2019 menghadirkan sosok Blackpink dan BTS dalam video tersebut.

Ini bukan kali pertama bagi mereka masuk ke dalam YouTube Rewind. Lagu IDOL serta DDU-DU DDU-DU yang dirilis 2018 silam berhasil viral, hingga gerakan dance-nya banyak menjadi inspirasi. Seperti apa kemunculan Blackpink dan BTS di YouTube Rewind 2019? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

J-Hope BTS – Chicken Noodle Soup

Lagu kolaborasi antara J-Hope BTS dan solois Becky G sukses mencuri perhatian sejak video klipnya pertama kali diunggah pada 27 September 2019 lalu. Dalam YouTube Rewind 2019, video musik tersebut menduduki peringkat kesembilan sebagai video paling banyak disukai di YouTube dengan memperoleh 5,8 juta likes.

Blackpink – Kill This Love

Sementara lagu fenomenal dari grup asuhan YG Entertainment, Blackpink, bertajuk Kill This Love juga masuk ke dalam YouTube Rewind 2019. Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa berada di posisi ketiga lewat video klip Kill This Love usai meraih kurang lebih 10,8 juta likes. Video klip yang juga sudah ditonton lebih dari 670 juta kali itu dipastikan angkanya akan terus bertambah. Daebak!

Baca Juga : Setelah BTS, Kini Giliran BLACKPINK Masuk Daftar “Time 100 Next”

BTS – Boy with Luv (Feat. Halsey)

Akan sangat aneh bila video klip BTS – Boy With Luv tidak masuk dalam YouTube Rewind 2019. Dengan 12,8 juta likes, video yang menampilkan Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook tersebut menempati video kedua paling disukai di YouTube selama tahun 2019. Selain itu, BTS juga dinobatkan sebagai boy band yang memperoleh jumlah penonton tertinggi. Dalam kurun waktu 24 jam di tahun ini lewat comeback-nya dengan lagu Boy With Luv.

MAMAMOO – gogobebe

Dalam kategori video dance paling disukai di tahun 2019, terselip nama MAMAMOO. Yup, video MAMAMOO menarikan lagu gogobebe bersama 1Million Dance Studio berhasil menempati posisi ketiga sebagai video menari paling banyak disukai. Yakni sebanyak 866 ribu likes dan telah ditonton lebih dari 30 juta kali.