tokopedia

Beberapa waktu lalu, SoftBank sepakat untuk memberi investasi salah satu unicorn marketplace Tanah Air, Tokopedia. Oleh Tokopedia, suntikan dana dari SoftBank bakal dimanfaatkan untuk mengembangkan kecerdasan buatan alias artifical intelligence (AI) di Indonesia.

Baca juga: 4 Unicorn Indonesia Ternyata Milik Singapura?

CEO Tokopedia William Tanuwijaya juga menambahkan, langkah Tokopedia yang akan berkonsentrasi di AI agar memungkinkan misi Tokopedia mengerahkan ekonomi selain digital lebih cepat terwujud.

Salah satu yang akan dikembangkan oleh Tokopedia, adalah gudang pintar atau smart house dan smart logistic. Gudang pintar dibangun untuk mempercepat arus pengiriman barang produk e-commerce.

Baca juga: Softbank Guyur Grab Rp 28 Triliun

William Tanuwijaya menceritakan jaringan perdagangan Tokopedia sudah tersebar dari Aceh sampai Papua. Dengan adanya gudang pintar, pelaku usaha hanya cukup menaruh produknya di setiap gudang pintar. Kehadiran gudang pintar ini diharapkan bisa mengurangi biaya kirim barang ke konsumen. Selain itu, waktu pengirimannya juga bisa dipersingkat.

Baca juga: Catatkan 200 Ribu Mitra, Aplikasi Mitra Tokopedia Luncurkan Fitur Baru

“Nantinya dengan teknologi AI, kita bisa melakukan demand prediction, sehingga pedagang di Aceh itu bisa menaruh barang mereka sesuai prediksi dagangan mereka akan laku di kota mana,” jelas William.