International Olympiad in Informatics

Menjelang hari kemerdekaan ke-74, Indonesia mendapat kabar menggembirakan. Pasalnya Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) berhasil mengharumkan Indonesia di ajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2019 di Azerbaijan.

Baca juga: Industri Game Indonesia Terimpit Tuntutan Disrupsi

Indonesia diwakili oleh empat anak muda beprestasi. Diantaranya Abdul Malik Nurrokhman (Amnu) dari SMA Semesta BBS Semarang, Vincent Ling dari SMA Pribadi Bandung, Fausta Anugerah Dianparama dari SMA Negeri 1 Yogyakarta, dan Moses Mayer dari SMA Jakarta Intercultural School. Keempat anak muda tersebut mendapat sambutan hangat dengan aplaus meriah dan senyuman bangga setibanya di Tanah Air.

IOI merupakan olimpiade sains di bidang informatika yang diselenggarakan setiap tahun. Ajang bergengsi ini pada 2019 memasuki tahun ke-31, diselenggarakan di Baku, Azerbaijan, tanggal 4 hingga 11 Agustus 2019.

Baca juga: Indonesia Dalam Pusaran Ekosistem Startup Dunia

Tim Indonesia berhasil meraih 1 medali emas dari Amnu, 2 medali perak dari Fausta dan Vincent, dan 1 medali perunggu dari Moses Mayer. Mereka berjibaku bersaing dengan 323 peserta lain dari 87 negara. Indonesia berhasil menduduki rangking ke-10. Indonesia berhasil mengalahkan Singapura, Kanada, maupun Australia.

Baca juga: Tren Digital Generasi Milenial, Bisa Menjadi Peluang?

Setelah menuntaskan partisipasi di IOI 2019, saat ini Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah ajang IOI ke-34 pada tahun 2022 dan APIO 2020 yang akan datang.