piala aff u-18

Australia menang tipis 1-0 atas Malaysia dalam partai final Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Vietnam, Senin (19/8/2019) malam WIB.

Satu-satunya gol Australia diciptakan oleh Lachlan Brook pada menit ke-79. Pada babak pertama, kedua tim seperti bermain secara hati-hati.

Malaysia menerapkan permainan bertahan dengan sesekali menyerang dengan bola-bola panjang. Sementara Australia mengandalkan penyerang utama mereka, Dylan Ruiz-Diaz.

Beberapa peluang tercipta dari Ruiz-Diaz namun tak ada satu pun yang masuk ke gawang.

Baca juga: Jawa Masih Jadi Pusat Investasi, Kawasan Lain Apa Kabar?

Dari segi penguasaan bola, Australia lebih unggul namun tidak diikuti oleh penyelesian akhir yang baik.

Pada menit ke-20, Marco Tilio berhasil menembus kotak penalti Malaysia dengan operan satu-dua dengan Ruiz-Diaz, namun sebuah tekel dari bek Malaysia, Harith Haiqal membuat aman lini belakang Harimau Muda.

Peluang Malaysia di babak pertama hadir melalui sang striker, Luqman Hakim yang melepaskan tendangan spekulatif, akan tetapi masih terlalu mudah dijinakkan penjaga gawang Australia, Kai James Clderbank-Park.

Kedua tim akhirnya bermain imbang 0-0 di babak pertama.

Baca juga: Ternyata Ini yang Paling Ditunggu-tunggu dari Pidato Jokowi

Namun sundulannya masih bisa diamankan oleh kiper Malaysia.

Pada menit ke-56, sebuah serangan balik dari Malaysia dipimpin oleh Luqman Hakim dan Muhd Atiq berbahaya bagi pertahanan Australia.

Namun umpan terobosan Luqman Hakim gagal dimanfaatkan oleh Atiq.

Gol akhirnya tercipta untuk Australia. Tepatnya pada menit ke-79 oleh Lachlan Brook.

Australia Raih Gelar Juara Piala AFF U-18 2019

Pemain Adelaide United itu menerima sebuah umpan terobosan, sebelum menceploskan bola ke gawang Sikh Izhan Nazrel.

Gol dari Lachlan Brook menjadi satu-satuya gol yang terjadi dalam laga ini. Malaysia terus berjuang hingga peluit panjang dibunyikan, namun gagal untuk mencetak gol/

Australia pun berhak meraih juara, sedangkan Malaysia harus puas menjadi runner-up.

Starting XI

Malaysia (3-6-1): 23-Sikh Izhan Nazrel; 4-Muhammad Azrin, 14-Ahmad Zikri, 19-Muhammad Fahmi; 5-Harith Haiqal, 6-Muhammad Azam Azmi, 7-Muhammad Mukhairi Ajmal Mahadi, 8-Muhammad Firdaus Kaironnisam, 9-Muhd Muslihuddin Atiq; 10-Luqman Hakim Shamsudin

Pelatih: Bradley Jhon Maloney

Australia (5-4-1): 18-Kai James Calderbank-Park; 2-Thomas Kevin Aquilinia, 4-Kristian Popovic, 2-Thomas Lachlan Fay, 15-Noah Henry Pagden, 13-Kai Clifton Trewin; 6-Louis Joseph D’Arrigo, 8-Fabian Andres Monge, 17-Marco Tilio, 20-Lachlan Ricky Brook; 10-Dylan Enrique Ruiz-Diaz

Pelatih: Gary Rudy Peter Van Egmond