tangkuban perahu

Setelah sempat erupsi pada Jumat (26/7/19), Gunung Tangkuban Perahu akan kembali dibuka untuk umum pada hari Kamis (1/8/2019) besok. Objek wisata sekitar yang sudah beraktivitas normal di antaranya Grafika Cikole, Jayagiri Resort, dan Puncak Geger Bintang.

Baca juga: Gunung Tangkuban Perahu Alami Erupsi

“Wisata Tangkuban Perahu juga baru buka lagi hari Kamis, hari ini sudah bersih. Kalau di tempat kami, dampak dari erupsi memang sangat kecil sekali. Sekarang sudah bersih juga,” kata Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin.

Sebelumnya, Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu direncanakan dibuka pada Senin, (29/7/2019). Namun dibatalkan karena pengelola belum selesai membersihkan sisa abu vulkanik di area Kawah Ratu. Abu vulkanik tersebut akibat dari erupsi yang terjadi Jumat pekan lalu.

Baca juga: Gempa 8,8 SR dan Tsunami Siap Guncang Selatan Jawa

Dilaporkan sebelumnya, pada H+3 erupsi Gunung Tangkuban Perahu masih mengalami getaran ata tremor. Tremor dalam rentang 0,5 hingga 3 milimeter.

“Masih terpantau tremor, rekomendasi dari kami masih (aktivitas aman) 500 meter dari bibir kawah aktif,” ujar Pengamat Gunung Api Tangkuban Perahu, Adzan Anugerah Indiarsyah, di pos pemantau, Senin (29/7/2019).

Baca juga: GoFood Bantu Pemerintah Atasi Permasalahan Sampah