asianet.id – Hujan di bulan November, salah satu lagu yang sering diputar saat memasuki November adalah lagu “November Rain” milik Guns N Roses. Meski dirilis  pada tahun 1991, lagu ini menjadi salah satu diputar hingga musim hujan seperti saat ini.

Lagu ini menceritakan kepedihan seorang kekasih yang ditinggal pergi oleh pasangannya. Tak cuma liriknya yang romantis dan terkesan misterius, November Rain juga punya aransemen yang terasa agung. Tetapi tahukan kamu, ada sejumlah fakta menarik di balik lagu ini.

Berikut sejumlah fakta di balik lagu November Rain milik Guns N Roses yang hingga kini masih dikagumi oleh penggemarnya.

  1. Lirik Dibuat Axl Rose

Axl Rose mengulis lirik November Rain sebelum dia bergabung dengan Guns N Roses. Seorang rekan Axl mengatakan, lagu ini sangat Axl karena seakan menjadi satu bagian dengan sang vokalis.

Sebelum benar-benar selesai, Axl sempat memperdengarkan lagu November Rain lewat permainan pianonya. Dan ternyata lagu itu menjadi salah satu lagu paling banyak disukai oleh penggemar Guns N Roses.

Baca Juga : Petrichor, Aroma Alami Hujan yang Menenangkan, Dari Manakah Asalnya?

  1. Lagu Pribadi Axl

Slash pernah menyebut lagu November Rain adalah lagu yang sangat personal bagi Axl. Karena itu dia tidak pernah membawakan November Rain saat dirinya tak lagi bersama Guns N Roses.

Lagu November Rain adalah lagu cinta pedih yang kandas saat rasa cinta sedang berada di puncak. Namun Slash tidak pernah menyebutkan apakah semua itu berhubungan dengan Axl atau tidak.

  1. Klip Super Misterius

Video klip November Rain benar-benar mencuri perhatian, bahkan di masa sekarang saat orang menontonnya. Saat itu, klip tersebut menghabiskan biaya US$ 1,5 juta.

Biaya termahal untuk video itu adalah untuk pembuatan kapel yang menjadi lambang kesucian lagu Guns N Roses. Cerita di klip tersebut terinspirasi dari cerpen berjudul Without You tulisan Del James.

Baca Juga : Petrichor, Aroma Alami Hujan yang Menenangkan, Dari Manakah Asalnya?

  1. Axl Beradu Akting dengan Kekasih

Di video klip November Rain, Axl beradu akting dengan Stephanie Seymour yang juga kekasihnya di dunia nyata. Sayang kisah cinta mereka kandas pada tahun 1993.

Namun untuk penggemar Gun N Roses, kisah cinta mereka tetap menyala lewat video klip yang di YouTube telah ditonton lebih dari 1 miliar kali itu.

  1. Slash Tak Terlibat

Slash memang muncul di video klip tersebut, namun dia benar-benar hanya muncul sebagai personil band yang menunjukkan kepiawaiannya bermain gitar di depan kapel.

Slash sama sekali tidak berhubungan dengan cerita di klip tersebut.

  1. Durasi Panjang

Lagu ini sebenarnya punya durasi panjang yakni sampai 18 menit. Namun saat diluncurkan untuk komersial, lagunya dipangkas menjadi kurang dari 8 menit.

Namun di video klipnya, lagu ini menjadi lebih panjang yaitu 9 menit 16 detik karena tambahan cerita di awal.

https://hot.detik.com/music/d-4293603/6-fakta-di-balik-lagu-november-rain-guns-n-roses-yang-misterius