Asianet.id – Rencana liburan akan banyak terkendala disaat musim hujan. Cuaca yang tak menentu dan juga curah hujan yang tinggi membuat orang-orang malas untuk beraktivitas di luar ruangan, apalagi musim hujan kerap kali menyebabkan macet berkepanjangan.

Eits.. tapi musim hujan bukanlah halangan untuk kamu yang ingin liburan lho. Tentunya kamu memerlukan persiapan ekstra untuk menyiasati liburanmu ketika musim hujan tiba. Berikut tips traveling saat musim hujan!
  1. Cek Informasi Cuaca

Sebaiknya kamu mengecek prakiraan cuaca terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berlibur. Karena hal ini dapat memberikanmu gambaran setidaknya tempat-tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi.

Kamu bisa melihat informasi prakiraan cuaca dari website Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) atau prakiraan cuaca yang ada di smartphone-mu.

Baca Juga : Ini Destinasi Solo Travel Paling Populer Buat Milenial Indonesia

  1. Pergi ke Tempat Wisata di Dalam Ruangan

Karena sedang musim hujan, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam ruangan. Misalnya saja kamu bisa mengunjungi museum, galeri seni, dan sebagainya.

Kamu bisa mempelajari sejarah sambil berwisata. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi kafe-kafe unik yang Instagrammable.

  1. Berwisata Kuliner untuk Penghangat Badan

Berwisata kuliner ke restoran atau gerai-gerai makanan yang ada di daerahmu juga dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan di saat musim hujan.

Pilihlah makanan berkuah yang panas dan menjadi santapan yang pas untuk menemanimu. Selain itu, kuah makanan yang panas juga bisa menghangatkan tubuh di musim hujan.

Baca Juga : Ngaku arek Suroboyo? Ini 9 Tempat Wisata Hits di Surabaya, yang Belum Diketahui Banyak Orang!

  1. Menyiapkan Perlengkapan Ketika Hujan

Sebelum pergi berlibur, sebaiknya kamu membawa payung atau jas hujan. Untuk berjaga-jaga jika hujan deras tiba-tiba datang.

Selain itu, kamu juga perlu mengemas barang-barangmu di tempat yang tahan air agar tidak terkena air hujan. Jika tidak, barang-barangmu bisa rusak karena terkena air.

  1. Berendam di Pemandian Air Panas

Tempat wisata di luar ruangan yang dapat menjadi pilihanmu ketika musim hujan adalah pemandian air panas. Kamu dapat mengunjungi salah satu mata sumber mata air seperti di Cipanas atau Ciater, yang ada di Jawa Barat.

Walaupun cuaca tidak bersahabat, kamu bisa menghangatkan tubuh dengan mandi di pemandian air panas. Selain dapat menghangatkan badan, pemandian air panas juga dapat membuatmu lebih segar dan menjaga kondisi tubuh tetap fit.