amalan ringan

Manusia ialah makhluk ciptaan Allah SWT yang sangat sempurna. Karena manusia mempunyai ide serta pikiran sehingga sanggup membedakan mana yang baik dan kurang baik.

Salah satu tujuan penciptaan manusia merupakan untuk menyembah kepada Allah SWT, dan melaksanakan bermacam berbagai amal kebaikan. Perihal ini bagaikan bekal supaya nanti dapat jadi penghuni surga.

Diantara amalan shaleh yang dapat dicoba manusia, ada 4 amalan ringan yang pahalanya terus mengalir sampai hari kiamat. Tetapi tidak banyak orang yang mengetahuinya.
Sehingga mayoritas orang malah melalaikannya.

Sementara itu amalan ini sangat gampang buat dicoba. Lalu, apa saja amalan yang diartikan?

1. Shalat Subuh serta Isya Berjamaah

Amalan ringan pertama yang pahalanya terus mengalir merupakan melakukan shalat subuh serta isya berjamaah. Melakukan kedua amalan ini sama seperti melakukan shalat separuh malam serta shalat semalam suntuk.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim kalau siapa saja yang melakukan shalat isya berjamaah seolah-olah menunaikan shalat separuh malam serta siapa saja yang melakukan shalat subuh berjamaah sama kayak orang yang melakukan shalat semalam suntuk.

2. Mendoakan Orang Lain

Amalan ringan berikutnya yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat merupakan mendoakan orang lain. Dalam suatu riwayat disebutkan kalau siapa saja yang mendoakan kebaikan untuk saudaranya sesama muslim, melainkan para malaikat hendak mengatakan, “Serta bagimu pula kebaikan yang sama.” (HR. Muslim nomor. 4912)

Oleh karena itu perbanyaklah mendoakan orang lain dengan taqwa serta hati yang tulus. Tetapi Allah SWT mengarahkan manusia buat tidak sempat mendoakan orang lain buat sesuatu keburukan, mendoakan orang kafir supaya diampuni, dan mendoakan hal-hal yang tidak akan mungkin.

3. Menunggu Shalat Jumat

Amalan berikutnya yang pahalanya terus mengalir merupakan menunggu shalat Jumat serta bersegera kala waktunya tiba. Menunggu shalat Jumat menciptakan pahala yang sama besarnya dengan puasa dan shalat malam sepanjang setahun.

Apalagi dalam riwayat dari Ibnu Majah disebutkan kalau siapapun yang menanti shalat Jumat kemudian berangkat pada pagi hari ke masjid sembari jalur kaki kemudian kala hingga setelah itu duduk di dekat imam buat mencermati khutbah, dan melindungi ketenangan supaya khutbah tersampaikan dengan baik, hingga hendak mendapatkan pahala yang besar.

4. Berdzikir

Terdapat suatu statment yang melaporkan kalau berdzikir lebih baik dibanding dengan dunia serta isinya. Berdzikir sangat gampang buat dicoba serta tidak membutuhkan waktu yang banyak. Tidak hanya itu efeknya sangat dahsyat untuk kehidupan dunia serta akhirat.

Imam Muslim mengatakan kalau pujian terhadap Allah di dalam dzikir lebih berharga dibanding memperoleh kekayaan sebanyak apa juga yang terdapat dibawah matahari. Oleh karena itu, bila Kamu masih tidak sering berdzikir sebab alasan sibuk, hingga ingatlah kalau Allah SWT senantiasa mempunyai waktu buat memelihara kita.

Demikianlah pembahasan menimpa 4 amalan ringan yang pahalanya terus mengalir sampai hari kiamat. Lalu, 4 tipe amalan tersebut manakah yang telah Kamu jalani?

Mudah-mudahan dengan mengenali hal ini, Anda dapat membetulkan diri serta tetap melaksanakannya. Karena walaupun cuma amalan ringan, tetapi pahalanya terus mengalir sampai hari kiamat.

Mudah-mudahan berguna

Baca juga : 

Source : dream.co.id